Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Pemkab Aceh Utara Resmikan Kampung Siaga Bencana Cot Girek

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:46 WIB Last Updated 2022-06-28T06:55:52Z

Pemkab Aceh Utara Resmikan Kampung Siaga Bencana Cot Girek


Detikacehnews.id | Aceh Utara - Pemkab Aceh Utara Resmikan Kampung Siaga Bencana Kecamatan Cot Girek di Desa Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara,Kamis, 23/06/2022

Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Cot Girek resmi di kukuhkan. Acara pelaksanaan pembentukan kampung siaga bencana (KSB) yang digelar selama 3 hari berturut-turut sejak tanggal 21 s.d 23 Juni 2022.

Adapun dalam kegiatan pengukuran Kampung Siaga turut dihadiri pihak Dinas Sosial Provinsi Aceh, H. Muhammad Thaib Bupati Aceh Utara yang diwakili Ir. Saifullah Staff Ahli Bupati, Fuad Mukhtar S.Sos., M.S.M, Kepala Dinas Sosial Aceh Utara yang diwakili oleh Fauziah,SE Sekretaris Dinas Sosial Aceh Utara, Bapak Dhika yang mewakili Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, TAGANA Provinsi dan Kabupaten Aceh Utara, Kamaruddin KS.S.T.P Camat Cot Girek, Ipda Agus Maulizar Kapolsek Cot Girek, Kapten Inf Hefiady Danramil Cot Girek, Forum Geuchik Kecamatan Cot Girek, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Serangkaian acara di mulai dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Laporan panitia pelaksana oleh Pihak Dinas Sosial Aceh Utara, sambutan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam serta pengukuhan Kampung Siaga Bencana, Simulasi Kesiapsiagaan Bencana dan Penutup.

Fuad Mukhtar S.Sos., M.S.M melalui Fauziah, SE Sekretaris Dinas Sosial Aceh Utara juga merupakan ketua pelaksana dalam laporan kepanitiaan mengatakan, Sumber dana Kampung Siaga Bencana berasal dari DIPA- APBN 2022 Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementrian Sosial RI.

"Peserta pada hari pertama sebanyak 100 orang pada saat penyiapan dan sosialisasi, hari kedua sebanyak 60 orang dan di hari ketiga peserta sebanyak 250 orang pada acara simulasi KSB berbasis kawasan". Ujar Fauziah

Dia menambahkan, peserta berasal dari para geuchik, Tuha Peut Beserta aparatur gampong pemuda, Ibu- ibu, tenaga kesehatan dan masyarakat umum lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya bencana alam serta melatih kesiapsiagaan untuk dapat menanggulangi kebencanaan serta memperkuat hubungan sosial antar masyarakat untuk mengotomatisasi potensi sumberdaya dalam penanggulangan bencana".Tutup Fauziah Sekretaris Dinas Sosial di selah-selah penyampaian laporan kepanitiaan.

Kampung Siaga Bencana Kecamatan Cot Girek mendapatkan bantuan pendanaan berupa benda properti penanggulangan bencana dengan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana dengan nominal Rp.138.118. 950.

Selanjutnya, H. Muhammad Thaib atau akrab disapa "Cek Mad" selaku Bupati Aceh Utara melalui Staff Ahlinya Saifullah dalam kata sambutannya mengatakan, Pengukuhan KSB Kecamatan Cot Girek dapat menjembatani antara masyarakat untuk menjadi pelopor penanggulangan bencana alam.

"Pengukuhan KSB Kecamatan Cot Girek dapat menjembatani antara masyarakat untuk menjadi pelopor penanggunglangan bencana alam di Aceh Utara khususnya di Kecamatan Cot Girek". Terangnya.

Dia, menambahkan kepada peserta Kampung Siap Siaga Bencana dapat berkontribusi secara nyata di tengah-tengah masyarakat dengan berkolaborasi penanggulangan kebencanaan alam berbasis kearifan lokal (local wisdom) masyarakat.

Proses penyerahan bantuan di serahkan secara simbolis oleh pihak Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI kepada pihak Bupati Aceh Utara yang di wakili oleh Staff Ahli turut di dampingi pihak Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten Aceh Utara.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengukuhan Kampung Siaga Bencana oleh Ir. Saifullah Staff Ahli Bupati Aceh Utara dan uji simulasi SOP Kampung Siaga Bencana Kecamatan Cot Girek. (Mukhtar Efendi/ 085277557847).