Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

UNIKI Jalin Kerjasama Internasional dengan University Tunn Husain Onn Malaysia

Jumat, 26 Agustus 2022 | 12:06 WIB Last Updated 2022-08-26T13:00:03Z

UNIKI Adakan Kerjasama Internasional dengan University Tunn Husain Onn Malaysia

Detikacehnews.id | Bireuen - Dalam rangka meningkatkan pengembangan kampus bidang akademik, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Kabupaten Bireuen mengadakan Kerjasama Internasional dengan University Tunn Husain Onn Malaysia (UTHM).

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Rektor II UNIKI, Chairul Bariah, SE., MM saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Jumat, (26/8/2022)

"Benar, UNIKI saat ini sedang menjajaki kerjasama internasional dengan UTHM Malaysia," ujarnya

Chairul Bariah menjelaskan kerjasama ini diadakan secara daring pada 25 Agustus 2022 dengan tujuan meningkatkan dan saling menguatkan antara UNIKI dan UTHM dalam bidang pengembangan kapasitas dosen, mahasiswa, dan peningkatan kualitas penelitian.

Ia menambahkan bahwa University Tunn Onn Malaysia (UTHM) menjadi salah satu kampus pilihan kerjasama UNIKI sebab UTHM memiliki visi yang sama yaitu sama-sama berfokus pada pengembangan entrepreneurship. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen antara kedua belah pihak.

"UNIKI dan UTHM memiliki visi yang sama khususnya bidang entrepreneurship sehingga sangat tepat bila dikolaborasikan," ungkapnya

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan ikut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik (Drs. Zainuddin Iba, MM), Wakil Rektor II Bidang SDM dan Keuangan (Chairul Bariah, S.E., M.M), dan Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan (Drs Jailani, MM). Sedangkan pihak UTHM di hadiri oleh Dr. Sasitharan (Head of Department International Promotion and Marketing), Puan Fatin, Mr. Shafiq.

Secara spesifik, Deputi International Affair dibawah naungan Department kerjasama dan kemahasiswaan UNIKI diwakili oleh Zulaida Rahmi, S.Kom., MSc telah melakukan pembicaraan awal dengan Director International Office UTHM yaitu Associate Professor Muhammad Ramlee Kamarudin, PhD. Selanjutnya segala perbincangan dilanjutkan oleh Dr. Sasitharan (Head of Department International Promotion and Marketing) melalui online meeting.

Ia menegaskan komitmen UTHM untuk melakukan kerjasama dengan UNIKI tidak hanya dibidang akademik tetapi juga bidang lainnya. Meeting tersebut melahirkan empat Program besar yang akan direalisasikan sebelum 20 Desember 2022 mendatang yaitu Visiting Lecturer, Kuliah Umum Mahasiswa, Penguatan Penelitian Dosen, dan Student Exchange.

Tidak hanya itu, 3 orang Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Multimedia UNIKI ditugaskan akan mengajar ke UTHM. Begitu juga dengan Dosen UTHM yang akan ditugaskan untuk memberikan kuliah ke UNIKI. Dengan menghadirkan dosen dari Luar Negeri diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengalaman akademik bagi seluruh dosen dan mahasiswa UNIKI agar terlibat langsung dalam proses pembelajaran dengan profesor dari luar Malaysia.

Kedepan, UNIKI terus menjajaki kerjasama regional dan internasional dengan negara-negara lainnya untuk memberikan fasilitasi dan membuka ruang gerak bagi mahasiswa, dosen, maupun lulusan agar lebih membuka wawasan dalam menghadapi dunia kerja international.

Reporter : Elga Safitri