Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SD IT Azkiya Gelar Tarhib Ramadhan untuk Siswa

Senin, 20 Maret 2023 | 19:57 WIB Last Updated 2023-03-20T12:57:17Z

SD IT Azkiya Gelar Tarhib Ramadhan untuk Siswa

 
Detikacehnews.id| Bireuen - Ramadan merupakan bulan suci istimewa penuh kemuliaan serta keberkahan dibandingkan bulan lain. Sehingga sangat sayang bila tidak diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat dan memberi kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

Demikian disampaikan oleh Ustad Fachrurrazi pada Tarhib Ramadhan untuk siswa yang digelar oleh SDIT Azkiya berkolaborasi dengan Yayasan Ar Risalah Aceh di halaman kompleks SDIT/SMPIT Azkiya, Senin (20/03/2023).

Menurutnya, salah satu yang bisa dilakukan selain melaksanakan kewajiban berpuasa adalah dengan membaca Al qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan. Al qur'an merupakan kitab suci yang merupakan petunjuk bagi kehidupan kita.

"Alquran memberikan kemuliaan kepada malaikat Jibril, mukjizat Nabi Muhammad juga Al qur'an, Al qur'an juga diturunkan dalam bulan Ramadhan. Oleh karena jangan tinggalkan Al qur'an terlebih dalam bulan Ramadhan mendatang," ajaknya kepada ratusan siswa.

Kepala SDIT Azkiya, Wildanum SPd mengatakan, kegiatan Tarhib Ramadhan tahun ini diikuti oleh ratusan siswa, baik kelas tinggi maupun kelas rendah. Selain itu, juga diikuti oleh seluruh ustad dan ustazah pengajar di SDIT Azkiya.

Menurutnya, kegiatan Tarhib Ramadhan bertujuan untuk memberi gambaran kepada setiap peserta tentang adab dan tata cara menyambut bulan suci Ramadhan termasuk aktifitas apa saja yang bisa dilakukan untuk menghiasi bulan suci puasa.

"Tarhib Ramadhan ini kami menghadirkan Ustad Fachrurazi untuk memberi tausiah singkat. Beliau tadi banyak bercerita tentang kemuliaan bulan Ramadhan dan kemuliaan Al qur'an. Secara umum, materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa SD," terangnya.

Pada Tarhib Ramadhan ini, sambungnya, setiap siswa memakai topi berbahan dasar karton yang dibuat di rumah bersama orang tua. Pada topi yang dihias dengan beragam corak dan motif itu bertuliskan kata-kata ajakan dan kata-kata motivasi menyambut bulan Ramadhan.

"Setelah tausiah, SDIT Azkiya juga memberi apresiasi kepada 15 siswa yang telah mengharumkan nama sekolah melalui berbagai ajang dan olimpiade yang diselenggarakan diluar sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional," tutupnya.[Rel]