Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Siswa SDN 1 Jangka Sukses Borong 3 Piala Lomba Pentas PAI

Rabu, 15 Maret 2023 | 20:06 WIB Last Updated 2023-03-15T13:06:55Z

 

Siswa SDN 1 Jangka Sukses Borong 3 Piala Lomba Pentas PAI
Foto siswa UPTD SD Negeri 1 Jangka yang memenangkan Lomba Pentas PAI tingkat UPTD Kecamatan Jangka bersama guru pendamping.

Detikacehnews.id | Bireuen - Siswa UPTD SD Negeri 1 Jangka sukses borong 3 piala sekaligus pada kegiatan Perlombaan Pentas PAI tingkat UPTD Kecamatan Jangka.

Hal ini dikatakan oleh Kepala UPTD SD Negeri 1 Jangka, Mahadi, S.Pd., M.M saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Rabu, (15/3/2023).

"Alhamdulillah benar, tiga siswa kami berhasil membawakan tiga piala sekaligus pada lomba pidato dan azan yang merupakan Perlombaan Pentas PAI tingkat UPTD Kecamatan Jangka," ujarnya dengan senang.

Mahadi menyebutkan nama siswa yang berhasil memboyong piala, diantaranya Muhammad Syibran (kelas 5) sebagai Juara I Lomba Pidato, Dinda Syakira (kelas 4) sebagai Juara II Lomba Pidato, dan Al-Azhar (kelas 4) sebagai Juara I Lomba Azan.

Dua diantara juara tersebut akan melanjutkan perlombaan ke tingkat Kabupaten, yaitu Muhammad Syibran dan Al-Azhar dengan jadwal perlombaan akan berlangsung pada bulan Mei 2023.

Mahadi yang dikenal sebagai kepala sekolah yang aktif ini menambahkan bahwa UPTD SD Negeri 1 Jangka akan selalu siap mendukung dan membimbing siswa pada setiap kegiatan positif seperti halnya perlombaan sebagai bentuk pengembangan prestasi siswa.

"Kami akan selalu siap mendukung dan membina siswa kami untuk mengikuti lomba dan kegiatan positif lainnya. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk pengembangan prestasi siswa," ucapnya.

Lanjutnya, saat ini UPTD SD Negeri 1 Jangka menerapkan program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang merupakan program yang telah dicanangkan oleh Kemendikbud. Untuk itu, Mahadi berharap dukungan orangtua, masyarakat, dan pemerintah sehingga IKM ini dapat berjalan sebagaimana diharapkan.




Sementara itu, Pendamping lomba UPTD SD Negeri 1 Jangka, Zuriani, S.Ag menerangkan bahwa Lomba Pentas PAI tingkat UPTD Kecamatan Jangka tersebut digelar oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Jangka pada Selasa, 14 Maret 2023.


Menurutnya, ada banyak peserta yang mengikuti lomba pentas PAI dari berbagai UPTD SD Kecamatan Jangka dengan masing-masing bidang perlombaan.


"Ada banyak peserta yang ikut lomba pentas PAI ini. Alhamdulillah siswa kami berhasil memboyong 3 piala dan akan diikutkan lagi nantinya di tingkat Kabupaten," ujar Zuriani.


Zuriani mengatakan bahwa pihak sekolah sudah mempersiapkan siswa jauh-jauh hari sebelum mengikuti lomba dengan memberikan bimbingan intensif sehingga mereka tidak lagi canggung dan menguasai setiap cabang perlombaan diikutkan.


Selama ini, UPTD SD Negeri 1 Jangka aktif melaksanakan budaya positif kepada siswa, seperti shalat dhuha secara rutin, membaca yasin setiap Jumat pagi, budaya salam sebelum masuk kelas, dan setelah pulang sekolah setiap anak wajib memungut 9 sampah sebagai bentuk kewajiban tentang kebersihan lingkungan kelas dan sekolah.


Selain itu, UPTD SD Negeri 1 Jangka juga sudah melakukan MoU dengan beberapa Dinas di Kabupaten Bireuen, diantaranya Dinas Kearsipan yang rutin mengirimkan mobil pustaka keliling setiap bulannya agar siswa lebih mengenal budaya literasi. Dinas Kehutanan dan Lingkungan Kabupaten Bireuen juga sudah memberikan dukungan berupa bantuan tempat pembuangan sampah sehingga siswa diajarkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.