Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wakil Rektor II UNIKI Kunjungi Lokasi KKM di Peusangan Selatan

Minggu, 13 Agustus 2023 | 12:08 WIB Last Updated 2023-08-13T05:08:04Z

Wakil Rektor II UNIKI Kunjungi Lokasi KKM di Peusangan Selatan

 

Detikacehnews.id | Bireuen - Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Nomor : 597/UNIKI/VII/2023 pada 28 juli 2023 Tentang Pembagian Wilayah Monev, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Chairul Bariah, S.Pd, S.E., S.H., M.M kunjungi lokasi Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Peusangan Selatan pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Hal itu dibenarkan oleh dirinya saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Minggu, (13/8/2023).

"Benar, kemarin saya bersama tim pendukung dokumentasi mengunjungi lokasi KKM di Kecamatan Peusangan Selatan," ujarnya.

Chairul Bariah mengatakan bahwa salah satu wilayah yang menjadi tanggung jawab dirinya selama KKM berlangsung adalah Kecamatan Peusangan Selatan yang terdiri dari 4 desa, diantaranya Me Rayeuk dan Blang Mane dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak T. Irfan dan Paya Crot dan Pulo Harapan dengan DPL Ibu Rista.

Menurutnya, kunjungan ini perlu dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi dilapangan atau desa pelaksnaaan KKM. Pelaksanaan monev telah diatur mulai tanggal 11 Agustus 2023 sampai sebelum berakhirnya kegiatan KKM.

Ia menambahkan tujuan monev ini untuk melihat secara langsung kegiatan mahasiswa dilapangan, kesesuaik program kerja dan kondisi lapangan juga menjadi perhatian dan perlu rekomendasi keberlanjutan pada tahun sebelumnya. Mahasiswa juga diharpkan mampu memberikan pendampingan pemahaman bahaya radikalisme idiologi, nilai-nilai luhur bangsa yang bernuasa islami dan mencintai serta melestarikan budaya Aceh. Disamping itu juga diharapkan mampu membuat penelitian apa yang terjadi dilapangan untuk mencari solusi terbaik.





Hasil temuan dilapangan, hampir semua desa berdasarkan laporan Keuchik yang sangat mereka butuhkan adalah tenaga bidang pertanian dan peternakan, karena pada umumnya 4 desa tersebut mayoritas pekerjaan penduduknya adalah petani, peternak kambing, dan lembu. Mengingat terbatasnya jumlah mahasiwa Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan UNIKI maka tidak semua desa ada mahasiswa pertanian.

Kegiatan KKM UNIKI tahun ini mengambil tema "Pemberdayaan Masyarakat Gampong yang Berkelanjutan". Harapannya, kegiatan tahun ini akan terus dilanjutkan ditahun depan, sebagaimana harapan dari tokoh masyarakat setempat. Tahun 2023 mahasiswa mampu membuat kemasan produk dari masyarakat dan dilanjutkan dengan pengurusan hak paten serta pengolahan dari tradisional ke modern.

Perbedaan kegiatan tahun lalu dengan saat ini adalah UNIKI telah menjalin kerjasama (MoA) dengan semua desa lokasi KKM. Hal ini memudahkan keberlajutan program yang dicanangkan.