Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Pemilihan Duta Wisata Bireuen, M Risky Agisra dan Ravena Wulandari Terpilih Sebagai Juara

Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:22 WIB Last Updated 2022-06-18T08:12:52Z

Detikacehnews.id - Bireuen l Pemilihan Agam – Inong sebagai Duta Wisata Kabupaten kabupaten Bireuen telah dilaksanakan pada Sabtu malam, 18 Juni 2022. Momen ini bernilai cukup penting sebagai salah satu ajang promosi wisata daerah yang berjuluk ‘Bumi Malikussaleh’ ini.


Kegiatan pemilihan Duta Wisata dilaksanakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Bireuen dihadiri berbagai kalangan termasuk Bupati Bireuen, Ketua DKA, Kepala BNNK dan sejumlah undangan lainnya.



M Risky Agisra dan Ravena Wulandari keduanya terpilih sebagai Agam dan Inong Duta Wisata kabupaten Bireuen tahun 2022. Keduanya langsung dinobatkan sebagai Agam dan Inong Duta Wisata oleh Bupati kabupaten Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, S.H.,M.Si, pada malam penobatan yang berlangsung di di aula gedung Ampon Chik, Peusangan Bireuen pada Jumat (17/06/2022) malam.

 

 M Risky Agisra dan Ravena Wulandari   berhasil menyisihkan 14 peserta lainnya yang ikut berkompetisi pada ajang tersebut. Mereka telah aktif dalam audisi yang dimulai sejak 17 Juni 2022. Proses audisi di antaranya melalui pengujian dengan metode wawancara untuk menilai bakat dan kemampuan berkomunikasi yang baik.


Sebanyak 7 Agam dan 7 Inong yang terseleksi, kemudian terus dilakukan serangkaian penilaian oleh tim dewan juri. Pada tahap akhir, pemenang dipilih masing-masing satu orang Agam dan Inong sebagai Duta Wisata kabupaten Bireuen tahun 2022.


Saat itulah penentuan sengit mulai dilakukan. Masing-masing terpilih tiga besar diuji langsung oleh dewan juri di hadapan para tamu undangan yang hadir. Mereka menjawab berbagai pertanyaan dari para dewan juri, sesuai dengan nomor yang dipilih oleh masing-masing kontestan.


Adapun pertanyaan seputar pariwisata, keterkaitan Duta wisata dengan pengembangan teknologi hingga kaitan syariat Islam dengan pengembangan sektor pariwisata.


Bupati kabupaten Bireuen Muzakkar menyampaikan bahwa malam puncak acara untuk menentukan Duta Wisata atau Agam – Inong kabupaten Bireuen tahun 2022. Merekalah yang terpilih untuk mewakili kabupaten Bireuen berjuang ke tingkat Provinsi Aceh.


Bupati kabupaten Bireuen mengharapkan kepada Agam – Inong yang terpilih dan menuju ke tingkat Provinsi, agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan, serta menggali lebih banyak khazanah seni budaya dan pariwisata local, sehingga nantinya dapat tampil lebih prima pada saat audisi di tingkat Provinsi.


“Apabila saudara sudah tampil maksimal dengan penuh totalitas, kita yakin insyaAllah akan terpilih untuk mewakili Aceh ke tingkat Nasional,” kata Muzakkar.


Pemerintah Kabupaten kabupaten Bireuen, lanjutnya, menaruh perhatian khusus untuk suksesnya kegiatan rutin yang paling ditunggu-tunggu oleh putra putri terbaik kabupaten Bireuen, yang memiliki bakat dan kemampuan berprestasi di bidang pariwisata. Ke depan Agam – Inong ini haruslah mampu berkontribusi di berbagai destinasi wisata dan kebudayaan kabupaten Bireuen. “Ini momen sangat tepat untuk mempromosikan potensi wisata kita,” ungkapnya.


Muzakkar mengajak semua pihak untuk meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian destinasi wisata. Hal ini merupakan tugas utama yang harus diperankan oleh Agam – Inong dalam mempromosikan potensi yang dimiliki kabupaten Bireuen.


Pemilihan Duta Wisata merupakan salah satu atraksi wisata yang bertujuan melestarikan budaya daerah, sekaligus sarana pengembangan potensi, bakat, kreativitas dan kecerdasan generasi muda, untuk menjadi figure yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata.


“Wawasan Agam – Inong sangat menentukan dalam menyampaikan dan mempromosikan budaya masyarakat kabupaten Bireuen ke tingkat nasional, destinasi wisata dan kuliner khas Aceh yang begitu lezat,” kata muzakkar.


Duta Wisata harus mampu membantu Pemerintah Daerah mengajak masyarakat untuk menjaga budaya bersih, indah dan tertib, yang akhirnya menghasilkan masyarakat yang bersih, berakhlak, dan berkarakter baik


Pada kesempatan itu, Bupati kabupaten Bireuen juga menyampaikan harapan Pemkab kabupaten Bireuen kepada anggota DPRA agar memberikan perhatian yang lebih sehingga destinasi wisata kabupaten Bireuen dapat dikembangkan dan dipromosikan ke tingkat nasional, bahkan internasional.(*)