Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Berlangsung Sukses, Pj. Bupati Bireuen Menjadi Inspektur Upacara Peringatan HSP ke-94

Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:13 WIB Last Updated 2022-10-28T09:13:03Z

Foto : Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94


Detikacehnews.id | Bireuen - Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 yang digelar di lapangan upacara Kantor Pusat Pemerintahan, Cot Gapu, Bireuen, Jumat pagi (28/10/2022).

Kegiatan yang mengusung tema "Bersatu Bangun Bangsa” tersebut berjalan sukses dan penuh khidmat.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan membacakan naskah pidato tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali.

Dalam naskah tertera bahwa pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.




Pemuda hari ini adalah tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai nilai persatuan di atas segala galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga ekmatensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.




Jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak. Mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

"Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen khususnya pemuda Bireuen membangun bersama cita-cita bangsa sebagaimana yang telah diwariskan para pendahulu dengan semangat momentun HSP sehingga kedepannya apa yang didambakan dapat terwujud dengan baik," harapnya.

Adapun yang menjadi Komandan Upacara adalah Kapten Jailani dari Danramil 01/Bireuen dan Kapten Baidarlani Ali dari Danramil 03/Jeunib sebagai perwira upacara. Sedangkan teks pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Khairuddin dari DPD KNPI Bireuen dan pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh T Qadarisman dari DPD KNPI Bireuen.