Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Keren! SMAN 3 Bireuen Gelar Pemilihan Ketos dan Waketos dengan Sistem Pemilu

Selasa, 04 Oktober 2022 | 17:15 WIB Last Updated 2022-10-04T10:40:15Z

Keren! SMAN 3 Bireuen Gelar Pemilihan Ketos dan Waketos dengan Sistem Pemilu
Foto : Siswi dan Kepala SMA Negeri 3 Bireuen saat melakukan pencoblosan pada Pemilihan Ketos dan Waketos SMA Negeri 3 Bireuen

Detikacehnews.id | Bireuen - SMA Negeri 3 Bireuen menggelar kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Ketos dan Waketos) dengan Sistem Pemilu di halaman sekolah setempat, Selasa pagi, (4/10/2022).

Kegiatan yang berjalan sukses tersebut diikuti oleh ratusan siswa SMA Negeri 3 Bireuen yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII serta Kepala Sekolah dan puluhan guru SMA Negeri 3 Bireuen.

Koordinator kegiatan, Ridwan, S.Pd mengatakan bahwa ini merupakan yang kedua kali SMA Negeri 3 Bireuen melaksanakan Pemilihan Ketos dan Waketos dengan Sistem Pemilu. Namun, tahun ini pelaksanaannya lebih teratur dan lengkap sesuai prosedural Sistem Pemilu pada umumnya.

"Alhamdulillah ini tahun kedua SMA Negeri 3 Bireuen menggelar Pemilihan Ketos dan Waketos dengan Sistem Pemilu. Namun tahun ini yang lebih lengkap sesuai prosedural," ujarnya.



Ridwan yang juga Guru Penggerak dari SMA Negeri 3 Bireuen ini mengaku sudah melakukan persiapan yang baik dalam pelaksanaan kegiatan ini. Mulai dari sosialisasi tentang demokrasi kepada siswa, merekrut calon kandidat, masa kampanye, hingga pemilihan yang digelar pada hari ini.

"Kami sudah menggelar persiapan yang baik untuk kegiatan hari ini. Dan kegiatan ini juga salah satu wujud implementasi dari P5 dengan tema Suara Demokrasi di SMA Negeri 3 Bireuen," terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Bireuen, Muhammad, S.Pd mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan kepada siswa sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu sehingga mereka akan lebih memahami Sistem Pemilu yang baik.

Sebelum pemilihan dilaksanakan, beberapa persiapan pun dilakukan layaknya pemilu. Seperti rapat pembentukan panitia, penjaringan calon, kemudian penyampaian visi misi dan lainnya. Tahun ini ada 5 kandidat yang mencalonkan diri yang didominasi oleh perempuan.

"Tujuan kegiatan ini diharapkan para siswa nantinya memiliki pemahaman tentang demokrasi khususnya Sistem Pemilu yang sering dilaksanakan di Indonesia dalam memilih pemimpin baru," ujar Muhammad.

Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus OSIS tahun sebelumnya yang sudah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan serta para guru yang ikut mendukung jalannya kegiatan ini.


Kepala SMA Negeri 3 Bireuen, Abdullah, S.Pd mengatakan bahwa OSIS merupakan organisasi yang mewadahi seluruh aktifitas siswa baik akademik maupun non akademik, untuk itu perlu adanya pemimpin yang lebih dikenal dengan ketua untuk memimpin organisasi tersebut.

Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2022/2023 ini dilaksanakan secara demokrasi dengan pemilihan umum terbuka.

Abdullah yang melakukan pemilihan pertama pada kegiatan tersebut berharap siswa dapat memahami tahapan dan mekanisme dalam pemilihan secara umum dan juga pemahaman tentang demokrasi yang selama ini diterapkan di negeri ini.

"Saya berharap, siswa kami mampu memahami arti demokrasi yang sudah diajarkan dan dipraktikkan pada hari ini sehingga terwujudnya generasi yang adil, jujur, dan transparan terhadap mekanisme Pemilu," ujarnya.

Abdullah juga memberikan wejangan kepada para siswa sebelum pemilihan dimulai dengan mengarahkan untuk memilih calon ketua yang memiliki karakter yang baik, bertanggung jawab, dan dapat memajukan SMA Negeri 3 Bireuen menjadi lebih baik, tutupnya