Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 43 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan untuk Anak Usia Dini Gampong Meunasah Baroh

Jumat, 11 November 2022 | 20:19 WIB Last Updated 2022-11-11T13:19:16Z

Mahasiswa KKN PPM Unimal Kelompok 43 Ajarkan Tarian Ranup Lampuan untuk Anak Usia Dini Gampong Meunasah Baroh


Detikacehnews.id | Aceh Utara - Mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh kelompok 43 memperkenalkan tarian tradisional kepada anak-anak gampong Meunasah Baroh, kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Kamis (10/11/2022).

Tarian yang diajarkan oleh mahasiswa KKN kepada anak gampong Meunasah Baroh adalah tarian Ranup Lampuan. Tarian Ranup Lampuan merupakan salah satu tarian budaya Aceh, tarian ini merupakan tarian penyambutan tamu yang biasanya melakukan menyuguhkan sirih sebagai tanda terima masyarakat.

Ketua kelompok Basyarul Ilhafi mengatakan, kegiatan ini merupakan cara untuk melestarikan kesenian daerah serta melatih kemampuan anak-anak gampong Meunasah Baroh.

Kegiatan mengajar menari ini merupakan cara untuk memperkenalkan kepada anak usia dini, khususnya anak-anak gampong Meunasah Baroh, yang bertujuan untuk melestarikan tarian budaya dan kemudian dikembangkan kepada generasi selanjutnya, sehingga budaya tarian ini tidak hilang,” ujarnya.

"Kegiatan ini juga untuk melatih kemampuan anak-anak untuk bisa melakukan gerakan yang ada dalam tarian tersebut, serta dapat mengetahui makna dari setiap gerakannyagerakannya," tambahnya.

Dosen Pembimbing Lapangan Zainal Abidin,S.H.,M.Hum mengatakan, "kegiatan ini sangat Positif agar budaya di Aceh tetap terlestarikan kepada anak usia dini hingga mereka nantinya mampu menjaga kembali budaya ini".

Mahasiswa KKN-PPM UNIMAL Kelompok 43 diketuai oleh Basyarul Ilhafi, peserta KKN yang tergabung dalam kelompok ini adalah Citra Sari, Cut Evi Oktaviani, Ira Oktavia, Risky Ilhamda Saputra, Maudi Wulan Sari, Yulis Amsar, Zairatul Husna, Permata Wulandari, Rahmita, Inda Wahyuni, Putri Azzahra, Dafa Abdillah, Fauzi, Cut Alfitra Syawalia, dan Fatimah Az Zahra.