Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Dosen Matematika Umuslim, Yessi Kartika Ajarkan Cara Membuat Kue untuk Pemberdayaan Perempuan di Cot Mane Gandapura

Jumat, 13 Januari 2023 | 09:11 WIB Last Updated 2023-01-13T02:55:56Z

Dosen Matematika Umuslim, Yessi Kartika Ajarkan Cara Membuat Kue untuk Pemberdayaan Perempuan di Cot Mane Gandapura
Foto : Yessi Kartika saat mengajarkan pembuatan kue bagi perempuan di Desa Cot Mane Gandapura

Detikacehnews.id | Bireuen - Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim, Yessi Kartika, M.Pd melatih cara membuat kue untuk pemberdayaan perempuan di Desa Cot Mane, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen.

Hal jni dibenarkan oleh Yessi Kartika saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Jumat, (13/1/2023).

"Benar, saya dipercayakan menjadi pemateri untuk mengajarkan perempuan di Desa Cot Mane Gandapura selama 20 hari," ujarnya.

Yessi yang juga mengajarkan Mata Kuliah Entrepreneur di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim menjelaskan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Perwakilan Marsha Guna Aroma Foody yang digelar sejak 14 November 2022 hingga 3 Desember 2022.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat terutama perempuan desa agar mengetahui cara pembuatan kue yang dapat dijadikan sebagai usaha ekonomi bagi mereka nantinya.

"Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuat perempuan di desa Cot Mane membuka peluang usaha untuk menambah penghasilannya sehari-sehari. Apalagi diketahui mereka berasal dari keluarga kurang mampu dan ada yang putus sekolah lagi," ucap Yessi.




Lanjutnya, pelatihan yang digelar selama 20 hari tersebut diawali dengan pemberian motivasi bagi para peserta agar tetap semangat menjadi pelaku usaha. Kemudian diikuti dengan cara pembuatan kue, seperti roti, bolu, donat, dan cara menghias kue agar lebih indah tampilannya.

"Alhamdulillah, semua kegiatan berjalan lancar dan para peserta dapat menyerap ilmu dengan baik mulai dari pembuatan roti, bolu, donat, dan belajar menghias kue," tutur Yessi.

Kemampuan dosen matematika satu ini dalam membuat kue memang tidak diragukan lagi. Terlebih diketahui bahwa dirinya juga memiliki usaha toko kue yang diberi nama Tarosaka Donut's and Cakes sudah berjalan lamanya dan memiliku banyak pelanggan yang menikmati lezatnya kue racikan dirinya.

Selain itu, usaha yang dirintisnya juga sudah memiliki Nomor Induk Berusaha yaitu : 1210000321385. Kemudian P-IRT 4051111010014-27 dan Nomor Pendaftaran Merek : IDM000897951.

Tentu hal ini menjadikan usaha yang dirintisnya sudah sangat diakui dan mendapatkan jaminan terbaik dari pihak pemerintah khususnya Dinas Kesehatan.

"Alhamdulillah, perlahan saya juga sudah membangun usaha kue yang juga salah satu hobi saya disamping saya menjadi seorang dosen. Kita harapkan, masyarakat puas menikmati kue hasil usaha kami dan mudah-mudahan kami selalu berbagi ilmu kepada masyarakat yang membutuhkan," tutupnya denga senyum.