Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Kolaborasi dengan Dinas Peternakan Bireuen, UNIKI Sukses Gelar Pengobatan PMK dan Pemberian Vaksinasi untuk Hewan Ternak di Jeumpa

Minggu, 08 Januari 2023 | 13:02 WIB Last Updated 2023-01-08T06:02:56Z

Kolaborasi dengan Dinas Peternakan Bireuen, UNIKI Sukses Gelar Pengobatan PMK dan Pemberian Vaksinasi untuk Hewan Ternak di Jeumpa

 
Detikacehnews.id | Bireuen - Program Studi Peternakan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) kolaborasi dengan Dinas Peternakan Bireuen sukses menggelar kegiatan Pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemberian Vaksinasi dan Obat Cacing pada Hewan Ternak di Desa Paloh Seulimeng, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Selasa, (3/1/2023).

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi Peternakan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan UNIKI, Muhammad Amran, M.Pt., saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Minggu, (8/1/2023).

"Alhamdulillah benar, kami sudah menggelar kegiatan pengobatan PMK dan pemberian vaksinasi untuk hewan ternak di Kecamatan Jeumpa pada awal Januari 2023 kemarin," ujarnya.

Muhammad Amran menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah penyakit PMK pada hewan ternak dan memberikan vitamin agar ternaknya sehat kemudian pemberian obat cacing guna mencegah penyakit cacing pada ternak ruminansia.

Ia juga menambahkan kegiatan terwujud atas kolaborasi yang baik antara dosen, mahasiswa Prodi Peternakan UNIKI dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bireuen.

"Kegiatan ini terwujud atas kerjasama yang baik antara Dinas Peternakan Bireuen dengan UNIKI khususnya Prodi Peternakan guna mencegah PMK dan menjadikan hewan ternak sehat dengan pemberian vitamin," ucapnya.

Kolaborasi dengan Dinas Peternakan Bireuen, UNIKI Sukses Gelar Pengobatan PMK dan Pemberian Vaksinasi untuk Hewan Ternak di Jeumpa


Sementara itu, Dekan Fakultas Sains Pertanian dan Peternakan UNIKI, Ir. Suryani, M.Pt menerangkan rangkaian kegiatan juga disuguhkan dengan sosialisasi tentang memelihara dan merawat hewan ternak dengan baik yang disampaikan oleh akademisi UNIKI yaitu Dari UNIKI Ir. suryani, M.Pt., drh. Syakir, M.Si., dan Muhammad Amran, S.Pt, M.Pt. Sedangkan dari Dinas Peternakan Bireuen disampaikan oleh drh Aya Sophia, drh Erlina, drh Adnan, dan M. Nasir S.Pt.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan pihak Dinas Peternakan Bireuen banyak memberikan obat-obatan kepada hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba.

"Semua hewan ternak di Desa Paloh Seulimeng sudah diberikan obat cacing, suntik vitamin, dan obat kurap," tuturnya.

Ir. Suryani berharap kegiatan ini dapat berguna dalam rangka memelihara kesehatan hewan ternak dengan baik sehingga dapat meningkatkan produk hewan ternak sebagaimana yang diharapkan.

Ia pun mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik dari Dinas Peternakan Bireuen serta masyarakat Desa Paloh Seulimeng yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.