Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Akia Rahmadani : Berikut Kiat Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Muda

Rabu, 01 Februari 2023 | 16:47 WIB Last Updated 2023-02-01T09:47:05Z

Foto : Penulis Akia Rahmadani, Siswi SMA Negeri 3 Bireuen

Detikacehnews.id | Artikel - Untuk menjadi pengusaha sukses, dibutuhkan jerih payah dan waktu, serta kemampuan mengeksekusi visi dan target dalam meraih hasil. Ada banyak kisah inspiratif dari para pengusaha sukses di dunia maupun Indonesia yang menggambarkan perjuangan mereka.

Dari kisah-kisah yang tersedia itu, bisa disimpulkan bahwa menjadi seorang pengusaha sukses tidak bisa terjadi dalam waktu singkat atau instan. Kesuksesan dalam dunia usaha itu berpotensi diraih bagi mereka yang siap bekerja keras dan terus mengasah keterampilan wirausaha.

Bagi kamu yang saat ini punya niat atau sedang menjalankan sebuah bisnis, berikut beberapa tips untuk menjadi seorang pengusaha sukses di masa muda :

Cara yang pertama kali untuk menjadi pengusaha muda adalah kamu bisa menentukan terlebih dahulu jenis usaha yang akan dipilih, kamu bisa memilih jenis usaha yang tepat dan sesuai dengan hobi sendiri sehingga hal ini bisa membuat kamu bertahan lama meskipun banyak kompetitornya karna kamu melakukannya sesuai fashion.

Salah satu contoh usaha yang bisa anak muda lakukan adalah jualan baju apa bilang saat ini tren jualan baju thrift sedang naik baiknya.

Berikut adalah kamu bisa memperkuat usahamu dengan visi dan misi yang jelas, hal ini bertujuan agar ketika kamu melakukan usaha ini tidak mudah kuliah dan berhenti di tengah jalan. Bila perlu kamu bisa mencatat visi dan misi yang kamu buat ini ditempat yang mudah dilihat misalnya di dinding kamarmu.

Bila kamu ingin menjadi pengusaha sukses di usia muda tentunya visi misi ini sangatlah penting, karna jika sebuah usaha tidak memiliki visi dan misi yang jelas makan sama saja kamu belum bisa menentukan tujuan kamu membangun usaha tersebut.

Sebelum pengusaha kamu semakin besar tentunya kamu harus menerapkan visi dan misi kamu sejak usahamu masih kecil agar nantinya bisa membangun etos kerja yang baik dan juga memiliki target.

Selanjutnya untuk menjadi pengusaha sukses di masa muda adalah dengan cara menciptakan brand usaha kamu sendiri saat kamu sudah memiliki brand maka orang tentunya akan mengenali usahamu bergerak pada bidang apa. Meskipun perusahaan kamu masih kecil akan tetapi degan ciptakannya brand ini lama kelamaan usaha kamu akan semakin besar karena brand akan menciptakan peningkatan personal branding perusahaan kamu.

Berikut nya adalah pantang menyerah untuk menjadi seorang pengusaha sukses di usia muda tentunya kamu harus menerapkan sikap tidak mudah menyerah ketika menjalankan perusahaan yang kamu bangun , jangan sampai ketika ada masalah sedikit perusahaan yang kamu bangun berhenti di tengah jalan.

Selanjutnya untuk menjadi seorang pengusaha sukses diusia muda adalah kamu harus sering sering melakukan riset pada pengusaha kompetitor yang memiliki jenis usaha yang serupa, riset ini bertujuan untuk bisa melihat terget pasar yang pontesial , kompetitor serta resiko yang mungkin terjadi saat kamu menjalankan usaha .

Nah itulah, cara untuk menjadi pengusaha sukses di masa muda, saat ini sudah banyak sekali contoh perusaha yang sukses yang artinya tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa seperti mereka asalkan kamu harus bekerja keras, konsisten juga tidak mudah menyerah dalam menjalankan pengusaha yang kamu bangun.

Editor : Elga Safitri