Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pertama di Umuslim, Asesmen Lapangan Akreditasi LAMDIK Prodi PG-PAUD Berjalan Lancar

Jumat, 14 April 2023 | 12:31 WIB Last Updated 2023-04-14T06:29:03Z

 Foto Tim Asesor dari LAMDIK saat melakukan Asesmen Lapangan di Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim

Detikacehnews.id | Bireuen - Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FKIP Universitas Almuslim sukses menjalankan seluruh proses kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Kependidikan (APSK) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) pada 10 s.d 11 April 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim, Dr. Sari Rizki, M.Psi saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Jumat, (14/4/2023).

"Alhamdulillah seluruh proses kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Kependidikan Prodi PG-PAUD Umuslim dari LAMDIK berjalan lancar selama dua hari penuh," ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Kampus Timur, Universitas Almuslim tersebut dihadiri oleh dua orang Asesor LAMDIK, yaitu Ali Formen, S.Pd., M.Ed., Ph.D (Asesor 1) dan Dr. Heny Djoehaeni, S.Pd., M.Si (Asesor 2).

Foto : Ketua Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim, Dr. Sari Rizki, M.Psi bersama Tim Asesor LAMDIK

Dalam keterangannya, Dr. Sari Rizki mengatakan bahwa Akreditasi LAMDIK ini merupakan pertama kali di Universitas Almuslim yang diawali oleh Prodi PG-PAUD FKIP dengan tujuan menjamin mutu sebuah program studi kependidikan agar bisa terus upgrade dan memajukan pendidikan di Indonesia.

"Akreditasi LAMDIK ini pertama kali di Umuslim yang diawali PG-PAUD FKIP," ucapnya.

Lulusan S3 UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini menjelaskan bahwa LAMDIK merupakan sebuah lembaga akreditasi yang bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan. Seluruh akreditasi terkait program studi kependidikan akan diolah dan diamati melalui akreditasi ini. Dulunya, proses akreditasi dilakukan melalui BAN-PT.

Namun seiring berjalannya waktu, berdasarkan Permen RistekDikti Nomor 32 Tahun 2016 menyatakan bahwa proses akreditasi dilakukan melalui Lembaga Akreditasi Mandiri salah satunya yaitu LAMDIK.

"Tentu membutuhkan proses yang lumayan rumit dan hal baru bagi kami untuk melewati setiap tahapan ini. Tapi alhamdulillah semua bisa dijalankan dengan lancar," tutur Dr. Sari Rizki.

Foto penandatangan berita acara oleh Ketua Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim, Dr. Sari Rizki, M.Psi 

Dr. Sari Rizki menambahkan alur tahapan Akreditasi LAMDIK ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh tim akreditasi prodi PG-PAUD Umuslim yang terdiri dosen dan turut dibantu oleh pihak kampus terutama FKIP, mulai dari mengirim dokumen pendaftaran sesuai template, aktivasi akun, pengusulan akreditasi, mengunggah dokumen, hingga terakhir di acara puncaknya yaitu visitasi langsung oleh Asesor LAMDIK.

"Persiapan yang maksimal sudah kami jalankan dan semua ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari pihak kampus, terutama Tim Akreditasi PG-PAUD Umuslim yang sudah bekerja keras dari pagi hingga malam dalam mempersiapkan ini," ungkap Dr. Sari Rizki.

Foto bersama Tim Akreditasi PG-PAUD FKIP Umuslim usai kegiatan Asesmen Lapangan

Ketua Prodi yang dikenal ramah ini tak hentinya mengucapkan syukur serta terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah menyukseskan seluruh rangkaian Akreditasi LAMDIK dari awal hingga akhir.

"Terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan menyukseskan kegiatan Akreditasi LAMDIK ini. Semoga hasil kerja keras kita semua dibalas dengan yang lebih baik lagi oleh Allah dan semoga mendapatkan hasil terbaik nantinya," tutup Dr. Sari Rizki.

Sementara itu, Asesor 1 dari LAMDIK, Ali Formen, S.Pd., M.Ed., Ph.D yang dikonfirmasi secara terpisah oleh awak media mengatakan asesmen lapangan merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi. Tujuannya untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) dan IAPS (Instrumen Akreditasi Program Studi) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

"Kedatangan kami disini untuk melakukan pengecekan pada data yang telah dikirim oleh program studi terkait. Semua berjalan lancar dan luar biasa kerja maksimal dari Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim dalam mempersiapkan ini semua. Kita berharap semoga nantinya mendapatkan hasil terbaik," tuturnya.