Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

MTQ ke-36 Kabupaten Bireuen Resmi Dibuka, Aulia Sofyan Ajak Masyarakat untuk Selalu Baca Alquran

Sabtu, 17 Juni 2023 | 23:27 WIB Last Updated 2023-06-18T05:52:28Z

MTQ ke-36 Kabupaten Bireuen Resmi Dibuka, Aulia Sofyan Ajak Masyarakat untuk Selalu Baca Alquran
Foto : Pj. Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D

Detikacehnews.id | Bireuen - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2023 resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, Ph.D. yang ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama pada Sabtu malam, 17 Juni 2023 di Lapangan Ruang Hijau Terbuka (RTH), Cot Gapu, Bireuen.


Dalam sambutannya, Aulia Sofyan mengajak masyarakat Bireuen untuk selalu membaca Alquran terutama pembiasaan kepada anak-anak agar Alquran menjadi pedoman dalam hidup mereka. Ia juga turut mengajak masyarakat agar senantiasa ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.


"Kegiatan ini kita harapkan mampu mengajak anak-anak kita untuk selalu mencintai Alquran dengan selalu membaca dan mengamalkannya," ujarnya.


Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas menyiarkan dan mensyiarkan agama islam, terutama dengan membaca Alquran. Tetapi harus benar-benar diamalkan ajaran dan isinya sehingga mendapatkan keberkahan dari Alquran.




Membaca Alquran dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Maka dari itu seseorang yang membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah.


"Sebagaimana Baginda Rasullulah berkata bacalah olehmu Alquran karena sesungguhnya akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya," terangnya.


Sementara itu, Ketua umum panitia MTQ, Ir. Ibrahim Ahmad. M.Si., melaporkan bahwa ada 8 Cabang MTQ dan 24 golongan yang diperlombakan dalam ajang MTQ tahun 2023 ini, dengan jumlah 614 peserta.
Adapun rinciannya sebagai berikut; 1) Tilawah dan Qiraah Shab’ah 166 peserta, 2) Tartir Qur’an 34 peserta. Selanjutnya cabang 3) Hifzil Qur’an 87 peserta, 4) Tafsir Qur’an; 17 peserta, 5) Fahmil Qur’an 32 group 96 peserta 6) Syarhil Qur’an 34 group 102 peserta, 7) Khattil Qur’an 87 peserta 8) Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ) 25 peserta.


Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di 5 lokasi. Lokasi Pertama, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) diperlombakan MTQ cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah jumlah 166 peserta, Lokasi kedua, dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Jeumpa diperlombakan MTQ cabang Tartir, Hifzil dan Tafsir Quran jumlah 138 peserta.

Lokasi ke tiga, di Meuligoe Pendopo Bupati Bireuen diperlombakan MTQ cabang Syarhil jumlah 34 group dan Fahmil Qura’an 32 group jumlah 198 peserta. Lokasi ke empat, di SMA Negeri 1 Bireuen akan diperlombakan MTQ cabang Khattil Qur’an jumlah 87 peserta.

Lokasi ke lima, di Kampus IAI Al Muslim akan diperlombakan MTQ cabang Karya Tulis Ilmiyah Al Qur’an (KTIQ) jumlah 25 peserta.