Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perkenalkan Keindahan Alam, Mahasiswa KKM Umuslim Jelajahi Destinasi Wisata Kampung Daling Aceh Tengah

Senin, 26 Februari 2024 | 09:36 WIB Last Updated 2024-02-26T02:38:16Z

Perkenalkan Keindahan Alam, Mahasiswa KKM Umuslim Jelajahi Destinasi Wisata Kampung Daling Aceh Tengah
Foto Mahasiswa KKM Universitas Almuslim di salah satu destinasi wisata Kampung Daling, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah.



Detikacehnews.id | Aceh Tengah - Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim jelajahi destinasi wisata Kampung Daling, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah pada 18 Febuari 2024.

Kunjungan yang seru tersebut bertujuan untuk melihat langsung dan memperkenalkan keindahan alam Kampung Daling kepada masyarakat yang nantinya bisa dipromosikan di sosial media.


Salah satu mahasiswa KKM yang ditempatkan di desa tersebut mengatakan Kampung Daling terkenal dengan keindahan alamnya, mempunyai destinasi wisata milik sendiri yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan juga masyarakat sekitar termasuk pemuda pemudi kampung Daling. Kampung Daling mempunyai batas Wilayah Utara pada kampung Paya Tumpi Mongal, batas Timur Kampung Bahgie, batas Selatan kampung Tensaren, dan batasan Barat kampung Bahgie.


Lanjutnya, Kampung Daling mempunyai perbedaan dengan beberapa kampung lain. Kampung Daling mempunyai sumber mata air, kebun kopi dan palawija dengan luas kurang lebih 70 hektar dan luas hutan 50 hektar. Tidak hanya itu kampung Daling juga mempunyai sawah dan wisata milik kampung Daling itu sendiri untuk mengabadikan momen-momen indah.





"Perjalanan dimulai dengan mengendarai motor melalui jalan yang berbelok. Kami melewati hamparan bukit dan perkebunan Kopi. Kampung Daling benar-benar memikat hati pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona. Setelah beberapa saat berjalan, kami tiba di sebuah wisata yang menakjubkan, yaitu Pematangtour_ Hill milik kampung Daling," ujar salah satu mahasiswa KKM di desa tersebut saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Senin, (26/2/2024).


Wisata pematangtour_Hill adalah tempat wisata yang masih dalam kondisi pembangunan, dibangun pada tahun 2019. Pematangtour_Hill sendiri terletak di kampung Daling dan dapat di tempuh kurang lebih 15 menit dari pusat kota Takengon. Dengan tempat yang sangat strategis memberikan view atau pemandangan dan panorama indah dengan memperlihatkan Danau Laut Tawar yang terbentang luas serta terlihat jelas dari Ibu Kota Aceh Tengah yaitu kota Takengon. Wisata tersebut memiliki luas wilayah lebih kurang 1000 m².


Kelebihan wisata Pematangtour_Hill bagi Kampung Daling bisa menjadi platform untuk mempromosikan dan melestarikan warisan, meningkatkan ekonomi lokal yang akan menciptakan peluang baru bagi penduduk Daling. Tidak hanya itu adanya wisata ini dapat memperkenalkan potensi alam menjadikan wisata Kampung Daling sebagai sarana untuk memperkenalkan keindahan alam lokal kepada wisatawan, seperti hutan dan pegunungan. Dapat mengurangi urbanisasi, dan terciptanya kemandirian ekonomi.


"Setelah seharian menjelajahi keindahan wisata kampung Daling, kami kembali ke tempat tinggal kami di gedung serba guna dan bertukar cerita. Dengan hati yang penuh pengalaman baru dan kenangan yang tak terlupakan, kami merasa puas dengan kunjungan ke wisata pematangtour_Hill. Kami belajar banyak tentang keindahan alam dan keramahan penduduk kampung, serta menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang," ungkap salah satu mahasisa KKM Universitas Almuslim yang ditempatkan di desa Kampung Daling.