Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dosen Pendidikan Matematika Umuslim Gelar External Benchmarking di Universitas Syiah Kuala

Senin, 08 Mei 2023 | 20:15 WIB Last Updated 2024-04-23T13:18:50Z

Dosen Pendidikan Matematika Umuslim Gelar External Benchmarking di Universitas Syiah Kuala
Foto : Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim saat menggelar kegiatan External Benchmarking di TPMA Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala

Detikacehnews.id | Banda Aceh - Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim menggelar kegiatan External Benchmarking Penjaminan Mutu di Universitas Syiah Kuala pada Senin, 8 Mei 2023.

Hal iti dibenarkan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim, Novianti, S.Pd., M.Si saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Senin, (8/5/2023).

"Benar, saya selaku Ketua Prodi dan satu lagi dosen Pendidikan Matematika Umuslim menggelar kegiatan External Benchmarking di Universitas Syiah Kuala," ujarnya.

Novianti menjelaskan Tim Kendali Mutu Program Studi (TKMP) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim yang hadir diantaranya dirinya sendiri dan Ibu Bulan Nuri, M.Pd. Lokasi kegiatan External Benchmarking yang digelar tepatnya dengan menemui langsung Tim Penjaminan Mutu Akreditasi (TPMA) Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala.

Kehadiran keduanya disambut baik dan menurutnya banyak hal yang bisa dipelajari terutama dalam penjaminan mutu program studi.

"Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini banyak hal yang bisa kami pelajari terutama dalam hal penjaminan mutu program studi," ungkapnya.

Novianti menambahkan Benchmarking merupakan salah satu upaya dalam siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) penjaminan mutu dengan melakukan perbandingan standar pada program studi lainnya. Dengan adanya kegiatan ini dapat diketahui posisi pencapaian kinerja saat ini dan membandingkan pengelolaan mutu pada lembaga Pendidikan Tinggi lainnya.





Proses eksternal benchmarking dilakukan dengan cara mempelajari, mengamati, dan mengadaptasi praktik-praktik penjaminan mutu di prodi pendidikan matematika Universitas Syiah Kuala. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah bestpractices pada pengelolaan mutu, mempelajari sistem SPMI, siklus PPEPP, dan tugas TPMA. Eksternal benchmarking di prodi pendidikan matematika Universitas Syiah Kuala ini diselenggarakan selama satu hari.

Kegiatan di isi dengan paparan mengenai penyelenggaraan penjaminan mutu di Universitas Syiah Kuala khususnya berkaitan dengan penyelenggaraan penjaminan mutu tingkat program studi yang disampaikan oleh Ketua Tim Penjaminan Mutu Akreditasi Prodi Pendidikan Matematika yaitu Ibu Dr. Elizar, S.Pd., M.Ed (MT).

Acara ini dilaksanakan di ruang program studi pendidikan matematika Unsyiah,Gedung FKIP, lantai 3 Unsyiah. Kegiatan dihadiri oleh 4 peserta yang merupakan perwakilan TPMA yaitu ketua dan sekertaris, kemudian dua dosen dari Universitas Almuslim, yaitu ketua program studi pendidikan matematika dan ketua TKMP pendidikan matematika.

"Tentu saja hal ini penting untuk dilaksanakan sebab melalui external benchmarking penjaminan mutu ini, pengelola pendidikan, baik tingkat fakultas, maupun program studi dapat mempelajari, mengamati dan mengadaptasi praktek-praktek baik perguruan tinggi lain untuk dapat diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan secara berencana dan berkelanjutan," ujar Novi.