Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Pengurus Pergunu Aceh Utara Dilantik Langsung Oleh KH. Asep Shaifuddin Chalim

Jumat, 21 Oktober 2022 | 21:23 WIB Last Updated 2022-10-21T14:23:35Z

Pengurus Pergunu Aceh Utara Dilantik Langsung Oleh KH. Asep Shaifuddin Chalim

 
Detikacehnews.id | Aceh Utara - Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kabupaten Aceh Utara Masa Khidmat 2022-2027 resmi dilantik. Prosesi pelantikan dan penyerahan Surat Keputusan oleh Ketua Umum Pergunu, Prof. Dr. K. H Asep Saifuddin Chalim, M.Ag itu diisi dengan Seminar Pendidikan Nasional dan Bedah Buku “Kiai Miliader Tapi Dermawan”, berlangsung di Aula Kantor Bupati Aceh Utara, Rabu kemarin (19/10).

Ketua Panita Al-Fadil Muhammad, M.Pd dalam laporannya menyebutkan, kegiatan Seminar Pendidikan dan Bedah Buku yang dirangkai dengan Pelantikan dan Ikrar Pengurus Pergunu Aceh Utara ini diikuti tidak kurang dari 200 peserta, terdiri dari unsur kepala madrasah/sekolah serta dewan guru di lingkungan Kemenag dan Disdikbud Aceh Utara.

Kepada peserta diberikan sovenir dan buku yang akan dibedah serta sertifikat nasional,” ujar Al-Fadil yang juga guru MAN 3 Aceh Utara.

Dirinya memohon maaf atas segala kekurangan dalam persiapan pelantikan dan seminar serta bedah buku ini.

Semoga seminar pendidikan dan bedah buku dapat menambah pengalaman dan wawasan serta bermanfaat tentunya kepada kita selaku agen perubahan,” ucapnya.

Ketua PC Pergunu Aceh Utara Ismunazar, SE, MM menegaskan, Pergunu yang dipimpinnya ini akan konsisten dalam upaya peningkatan kompetensi dan kualitas guru-guru Nahdhatul Ulama di Kabupaten Aceh Utara.





Pihaknya juga akan berupaya nantinya untuk membentuk anak cabang di tingkat kecamatan dalam kabupaten Aceh Utara.

Ia juga berharap, Pergunu Aceh Utara dapat menjadi organisasi profesi guru yang sinergis dalam membentuk karakter anak bangsa dan memajukan serta meningkatkan mutu pendidikan.

Lahirnya Pergunu ini tidak akan menjadi beban bagi Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama, melainkan secara bersama-sama mencipta pendidikan yang lebih baik ke depannya,” kata Ismunazar.

Sementara itu, Ketua PW Pergunu Aceh, Tgk. Muslem Hamdani, S.Sos.I, MA juga meminta agar Pergunu dapat memperlihatkan eksistensinya baik internal maupun eksternal dengan kegiatan-kegiatan konkret dalam upaya peningkatan kualitas dan kompetensi guru.

Hadirnya Pergunu sebagai pengisi ruang-ruang kosong yang mungkin saja belum tersentuh, agar pendidikan di Aceh lebih berkualitas dan mendapat ranking yang bisa dibanggakan di republik ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, melalui beasiswa full dari Pergunu Pusat, telah banyak dikirim mahasiswa dari Aceh untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2, seperti ke Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi, AP, M.Si diwakili Asisten III Sekdakab, Drs. Adamy, M.Pd menyambut baik kehadiran dan Pergunu di Aceh Utara dan berpesan kepada para guru NU untuk memperkuat pembangunan SDM dengan cara-cara baru. “Ubah pola pikir pendidikan yang selama ini, hanya mengacu pada kurikulum dan administrasi yang kaku,” ajaknya.

Guru bukan hanya mengajar, akan tetapi harus terus belajar meningkatkan kompetensi dan kualitas diri agar dalam proses pembelajaran guru dapat mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman yang semakin kompleks,” tegasnya.

Ia juga meminta para guru agar mendidik siswa-siswi dengan hati. Dengan pendidikan yang menggunakan hati, siswa tidak hanya menjadi pintar, tetapi juga memiliki budi pekerti yang luhur atau akhlak yang mulia.

Jadikan organisasi Pergunu, baik pengurus maupun anggotanya sebagai benteng pendidikan akhlak bagi anak bangsa dalam menyongsong masa depan menggapai cita-cita,” pinta Adamy.

Prof. Dr. K. H. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag selaku Ketua Umum Pergunu Pusat dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus Pergunu Kabupaten Aceh Utara Masa Khidmat 2022-2027 yang baru dilantik.

Senantiasa bersatu dan istiqamah serta jangan terpecah belah dengan rasa penuh kebersamaan membangun wadah guru NU ini dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Aceh Utara,” pintanya.

Pengurus PC Pergunu Aceh Utara Masa Khidmat 2022-2027 yang dilantik dan dikukuhkan yaitu Ismunazar, SE, MM sebagai Ketua, Al-Fadil Muhammad, M.Pd sebagai Sekretaris dan Tgk. Murhaban, SH sebagai Bendahara dan sejumlah Seksi-seksi lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan Seminar Pendidikan dan Bedah Buku “Kiai Miliader Tapi Dermawan” dengan moderator Ir. Muhammad Hatta, SST, MT.

Amatan media ini, acara bedah buku yang dihelat secara sederhana ini berlangsung menarik. Antusias tergambar jelas di setiap wajah peserta saat menyimak materi yang disampaikan oleh Ketua Umum Pergunu Pusat, Prof. Dr. K. H. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag yang diwarnai dengan suasana tanya-jawab.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Pj Bupati Aceh Utara diwakili Asisten III Sekdakab, Drs. Adamy, M.Pd, Anggota DPD RI Syekh Fadhil Rahmi, Lc, MA, Kakankemenag Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, tenaga ahli Anggota DPR RI Muhammad Adam, mewakili Ketua DPRK Aceh Utara, mewakili Kajari Aceh Utara, mewakili Ketua MPU Aceh Utara.

Ketua PC NU Aceh Utara Waled T. Zulfadli Ismail, Ketua Tadzkiratul Ummah Aceh Utara Abu H. Nurdin, Ketua Tastafi Aceh Utara Waled H. Sirajuddin Hanafi, Imam Besar Masjid Agung Lhoksukon Walidi Jamaluddin Ismail, para Kepala SKPK Aceh Utara, Kepala Sekolah dan Madrasah dalam Kabupaten Aceh Utara.

Selain itu hadir pula Dewan Pakar dan Dewan Penasehat Pergunu Aceh Utara diantaranya Drs H. Hamdani A. Jalil, MA, Ir. Muhammad Hatta, S.ST.,MT, Shaifuddin Fuady, S.Ag., MA, para pimpinan Ormas serta para tamu undangan lainnya. (Murhaban)