Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Prodi Pendidikan Biologi FKIP Umuslim Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Pantai Jangka Bireuen

Senin, 03 Oktober 2022 | 10:17 WIB Last Updated 2022-10-03T14:54:22Z

Prodi Pendidikan Biologi FKIP Umuslim Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Pantai Jangka Bireuen


detikAcehNews.id | Bireuen - Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen Aceh melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan santunan kepada anak yatim di Laut Jangka, Bireuen, Minggu (02/10/2022).

Dalam sambutanya, Dr. M. Danil, S.Pd., M. Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi menyampaikan rasa Syukur Kepada Allah SWT, Sehingga acara ini terlaksana dengan sukses, hal ini tentu berkat kerjasama dan dukungan yang baik oleh semua pihak termasuk Para Dosen, mahasiswa dan Masyarakat sekitar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh para Dosen dan mahasiswa.

Acara pengabdian masyarakat ini mengusung tema yaitu “Aksi Pembersihan Lingkungan yang Berkelanjutan (Coastal Clean Up) dari Sampah Plastik di kawasan Pantai Laut Jangka Bireuen” yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli kita bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar khususnya terhadap sampah-sampah yang dapat mencemari kawasan pantai laut jangka.

Bersamaan dengan dimulainya Tahun Akademik 2022/2023, pengabdian masyarakat ini kita lakukan sekaligus untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru bahwa dunia perguruan tinggi itu tidak hanya semata dilakukan di kampus saja, akan tetapi ada juga tugas kita sebagai agen perubahan di masyarakat yang diwujudkan melalui pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi, ditambah lagi saat ini dengan penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tutur Dr. M. Danil, S. Pd., M. Pd.


Kegiatan ini juga melibatkan Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi (Himabio) Umuslim yang diketuai oleh Siti Nadia Afwadi. Semua Mahasiswa ikut Proaktif dalam menjalankan kegiatan ini dengan sangat baik. Pada kesempatan itu juga para mahasiswa baru dilakukan peusijuk atau tepung tawar oleh Abiya Dr. Iskandar, M. A dengan harapan supaya mahasiswa baru ini merasa sejuk dan lebih cerdas dalam menuntut ilmu pada program studi pendidkan biologi. Selain itu prosesi peusejuk ini juga merupakan bagian dari motivasi bagi mahasiswa baru dalam belajar menuntut ilmu terang Dr. M. Danil, S. Pd., M. Pd.

Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran tentang pentingnya menjaga lingkungan yang bebas dari pencemaran limbah sampah secara berkelanjutan.

Adapun rangkaian kegiatan ini bahwa Para peserta tersebut nantinya akan diberikan tempat penampungan sampah yang sudah disediakan untuk memudahkan mereka dalam hal memungut sampah-sampah yang ada. Dalam kegiatan tersebut, para peserta berhasil mengumpulkan ratusan kantong plastik penuh berisikan sampah.

Kemudian kami peserta membagikan dan memasang Banner yang berisi kalimat himbauan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Selain itu, kami juga memberikan santunan untuk anak yatim berupa buku dan alat tulis serta sedikit uang saku kepada mereka yang berdomisili di desa Jangka Mesjid.

"Pengabdian kepada masyarakat ini sebetulnya bagaimana kita sesering mungkin membaurkan diri kepada masyarakat lalu memberi kontribusi berupa pelayanan-pelayanan dan sumbangsih dari tenaga kita kepada masyarakat dalam banyak hal baik dalam keilmuan maupun isu yang sedang dihadapi oleh lingkungan kita,” tutur Zainatul Hasanah, S.Pd., M.Pd yang merupakan salah satu dosen Umuslim.

Setelah kegiatan memungut sampah di rute perjalanan yang dilewati, para Panitia dari HIMABIO mengadakan permainan seru (Game), ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban dan juga mempererat tali kekerabatan antar mahasiswa.

Diakhir kegiatan ini Afkar, S.Pd., M.Pd yang merupakan salah seorang dosen menyumbangkan buku karyanya kepada masyarakat yang berjudul “Karakteristik Mangrove dan Pemanfaatannya oleh Masyarakat”. Buku tersebut diterima langsung oleh Bapak Jauhani selaku kepala Desa Jangka Mesjid, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.


Buku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir khususnya. karena dengan adanya buku ini dapat meningkatkan gerakan literasi bagi masyarakat untuk penambahan pengetahuan tentang upaya konservasi ekosistem mangrove dan pemanfaatan Biota yang berasosiasi dengan ekosistem mangrove.

Kepala Desa sangat berterima kasih kepada Prodi Pendidikan Biologi atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan sukses. Harapan kami semoga dengan adanya acara pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat dan nilai positif bagi kami masyarakat, dosen, dan mahasiswa. Apalagi desa ini juga merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pada kesempatan tersebut melalui sambungan telephoen seluler yang diterima oleh Ketua Prodi Pendidikan Biologi. Dr. Marwan Hamid, M. Pd selaku Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen Aceh dan Drs. M. Taufiq, M. Pd selaku Dekan Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Umuslim Bireuen Aceh menyampaikan apresiasi kepada Program Studi Pendidikan Biologi atas terlaksananya kegiatan ini. Selain itu, Bapak Rektor dan Bapak Dekan juga meyampaikan salam kepada Bapak kepala desa (Keuchik setempat) beserta seluruh masyarakat, para dosen, dan para mahasiswa yang telah mendukung kegiatan pengabdian masyarakat dan santunan anak yatim sehingga sukses terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Diujung sambungan telephonenya tersebut Bapak Rektor dan Bapak Dekan juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat berhadir dikarenakan ada kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi lainnya yang harus dilaksanakan.