Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

RSUD dr. Fauziah Bireuen Gelar Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Senin, 31 Oktober 2022 | 19:30 WIB Last Updated 2022-10-31T17:40:48Z

RSUD dr. Fauziah Bireuen Gelar Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia
Foto : Direktur Umum RSUD dr. Fauziah Bireuen, dr. Amir Addani, M.Kes., saat menyerahkan piagam penghargaan kepada juara lomba video singkat simulasi cuci tangan pakai sabun

Detikacehnews.id | Bireuen - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Fauziah Bireuen menggelar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) di halaman rumah sakit setempat, Senin, (31/10/2022).

Hal ini sesuai pantauan awak media detikacehnews.id yang meliput langsung kegiatan tersebut.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan upacara bendera setiap Senin seperti biasanya. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara Peringatan HCTPSS dengan memberikan piagam penghargaan kepada para juara lomba video singkat simulasi cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar.

Direktur Umum RSUD dr. Fauziah Bireuen, dr. Amir Addani, M.Kes dalam sambutannya mengatakan setiap tanggal 15 Oktober di seluruh dunia diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Hal ini sesuai yang dicetuskan oleh Kemitraan Cuci Tangan Global (GHP) yang memprakarsai pencanangan Global Hand Washing Day dan selanjutnya oleh PBB ditetapkan setiap tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS).




Menurutnya, cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sederhana, namun memiliki dampak luar biasa dalam pencegahan penyakit menular. Dampak positif ini perlu dikampanyekan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar semua tahu manfaat nyata CTPS secara rutin.

"Terlihat sederhana tapi kebiasaan cuci tangan pakai sabun sangat besar manfaatnya untuk mencegah penyakit," ujar dr. Amir.





Ia menerangkan pergelaran peringatan HCTPSS tahun ini dibuat lebih semarak dengan menghadirkan lomba video singkat simulasi mencuci tangan pakai sabun dengan benar yang diikuti oleh setiap karyawan ruangan di RSUD dr. Fauziah Bireuen. Selanjutnya video tersebut akan dinilai oleh tim panitia sesuai dengan kriteria memenuhi Five Moment dan Higienis Hand.

"Pada hari ini juga diberikan penghargaan kepada peserta terbaik yang mengikuti lomba video singkat simulasi mencuci tangan pakai sabun dengan benar," terang dr. Amir

Amir Addani menambahkan semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuat masyarakat sadar akan pentingnya menerapkan cuci tangan pakai sabun dengan benar dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pihak rumah sakit, baik itu karyawan ataupun pasien agar terhindar dari penyakit yang menular dan berbahaya.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama para juara lomba dan pemotongan balon pita secara resmi oleh Direktur RSUD dr. Fauziah Bireuen, dr. Amir Addani, M.Kes yang menandakan bahwa RSUD dr. Fauziah Bireuen untuk selalu berkomitmen meningkatkan pelayanan dengan selalu melakukan cuci tangan yang benar.