Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Turun Tangan Aceh Utara Ambil Bagian City Tour Program Youthverse Bersama YouthID Aceh

Jumat, 21 Oktober 2022 | 23:40 WIB Last Updated 2022-10-21T16:40:34Z

Turun Tangan Aceh Utara Ambil Bagian City Tour Program Youthverse Bersama YouthID Aceh

 
Detikacehnews.id | Banda Aceh - Yayasan Suara Aksi Anak Muda (Youth Id) Aceh mengadakan kegiatan City Tour melalui program Youthverse. Kegiatan city tour dilakukan dengan mengunjungi tiga destinasi wisata di Banda Aceh dan Aceh Besar. TurunTangan Aceh Utara ambil bagian mengikuti kegiatan ini yang diwakili oleh Muhammad Izul, S E pada Kamis, (20/10/2022).

Kegiatan ini bertemakan “Historical Tourism” dan dimeriahkan oleh 30 delegasi dari 16 komunitas sosial yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Detinasi tersebut diantaranya Desa Wisata Lubuk Sukon, Komplek Kuburan Kerkhoff Poetjoet dan Museum Aceh.

Ketua panitia kegiatan Miftari Rauzah mengatakan bahwa pihanya memilih Desa Wisata Lubuk Sukon karena merupakan salah satu gampong yang masih terjaga adat Aceh. “Kita memilih paket wet-wet gampong (mengelilingi kampung) yaitu berkunjung ke rumah tokoh sejarah Aceh yaitu bapak Abdullah Muzakkir Walad yang dulu menjabat sebagai Gubernur Aceh periode berkuasa paling lama dan mengunjungi rumah Tje’mat Rahmany yang dulunya sebagai duta luar negeri R.I masa lampau” tutur.




Kata Miftar, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus mengenal sejarah Aceh dan juga menumbuhkan rasa cinta anak muda terhadap sejarah, selain itu harapan dari kegiatan ini berupa output solusi agar situs-situs bersejarah menjadi tempat yang disukai oleh anak muda.

Selain mengenal sejarah Aceh, kita juga mempererat silaturrahmi dengan anak-anak muda dari berbagai latar belakang pendidikan dan budaya sehingga mereka saling berbagi etnik budaya dari masing-masing daerah” sambung Miftari.

Semoga pada kegiatan lainnya yang diadakan Youthverse dalam waktu dekat ini diharapkan semakin banyak anak muda dan komunitas anak muda di Aceh untuk terus berkolaborasi dalam menyukseskan tujuan bersama pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan semoga terus banyak anak muda yang kreatif dan inovatif dalam membuat kegiatan kedepannya” tambahnya.

Adapun 16 komunitas sosial yang mengikuti kegaitan tersebut diantaranya LPM Persfektif FEB USK, Millenial Impowerment, GenBI Aceh, Forum Anak Tanah Rencong, GenRe Aceh, HIMADIPA, Kejar Mimpi Aceh, Turun Tangan Aceh, CIMSA USK, TUTA Aceh Utara, Raja Ratu Baca Aceh, Duta Anti Narkoba, HIMAKASI, Senyum Anak Nusantara, Forum Anak Kota Banda Aceh dan Youth For Kiddnes. Pada city tour ini para delegasi diajak untuk menelusuri destinasi wisata yang ada di Aceh yang dipandu oleh Agam Inong Aceh yaitu Teuku Zaqhlul Nafil Zuhri dan Amalia Ahwa.