Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Kolaborasi Dengan PG PAUD Umuslim, Bunda PAUD Bireuen Sukses Gelar Kunker ke TK/PAUD di Bireuen

Selasa, 15 November 2022 | 17:27 WIB Last Updated 2022-11-15T10:27:31Z

Kolaborasi Dengan PG PAUD Umuslim, Bunda PAUD Bireuen Sukses Gelar Kunker ke TK/PAUD di Bireuen


Detikacehnews.id | Bireuen - Bunda PAUD Bireuen berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP Universitas Alsmuslim sukses menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) ke beberapa TK dan PAUD yang ada di Kabupaten Bireuen pada Sabtu, 12 November 2022.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Bunda PAUD Bireuen, Dr. dr. Nova Dian Lestari, Sp.S (K) saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Selasa, (15/11/2022).

"Alhamdulillah benar, kami sudah menggelar kunjungan kerja ke beberapa TK dan PAUD dalam lingkup Kabupaten Bireuen pada Sabtu yang lalu," ujarnya.

Dr. dr. Nova Dian Lestari yang juga Ibu Pj. Bupati Bireuem mengatakan tema yang di usung dalam kegiatan tersebut adalah “Manja PAUD” yang artinya program kunjungan dan jelajah Bunda PAUD yang bertujuan untuk melihat kondisi PAUD terkait Sarpras penunjang kegiatan PAUD HI dan pendataan guru PAUD yang memiliki kualifikasi pendidikan sarjana PAUD.

Kunjungan kerja dilakukan di tiga titik berbeda diantaranya TK IT Azkiya Bireuen, TK IT Peusijuk Hate, TPA dan RA. Dan kegiatan ini juga bentuk dari implementasi Agreemant yang telah dibuat antara PG PAUD Universitas Almuslim dengan POKJA Bunda PAUD Kabupaten Bireuen.

"Ini juga bentuk kolaborasi antara Bunda PAUD Bireuen dengan PG PAUD FKIP Universitas Almuslim," ungkapnya.




Di sela-sela kegiatan, Dr. dr. Nova Dian Lestari juga membagikan APE (Alat Permainan Edukasi) kepada beberapa TK/PAUD dan melakukan kegiatan bercerita serta bermain bersama anak-anak. Terlihat, ia sangat menikmati kebersamaan dengan anak TK/PAUD yang dikunjunginya.

"Saya sangat senang dan suka bermain dengan anak kecil sambil bercerita edukasi bersama mereka," ujarnya dengan lembut.

Ibu Pj. Bupati Bireuen tersebut menghimbau kepada pihak sekolah untuk memperhatikan penggunaan sarpras yang ramah anak terutama APE yang digunakan harus aman dan juga mampu mengasah motorik anak.
Kegiatan tersebut juga disambut baik oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen yang juga ikut serta dalam mendukung kegiatan pengembangan pendidikan anak usia dini Holistik Integratif. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan Pembinaan Kepala Sekolah dan Guru terkait PAUD HI yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan.

Sementara itu, Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP Universitas Alsmuslim, Dr. Sari Rizki, M. Psi mengaku sangat senang kegiatan kunjungan kerja dapat berjalan dengan lancar.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD Bireuen yang sudah berkolaborasi dengan PG PAUD FKIP Universitas Almuslim dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat pendidikan anak usia dini.

"Tentu ini kolaborasi yang sangat bagus dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di tingkat anak usia dini," ujarnya.

Dr. Sari yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan Kelompok Kerja (POKJA) Bunda PAUD Kabupaten Bireuen juga turut menghimbau kepada kepala sekolah atau pihak Yayasan PAUD untuk lebih memperhatikan kualitas dari para pendidik agar memiliki kompetensi di bidang PAUD, mengingat pendidikan anak usia dini merupakan salah satu prioritas pembangunan sumber daya manusia yang dipandang sebagai titik sentral dan sangat fundamental serta anak usia dini merupakan usia keemasan (the golden age) namun sekaligus periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia, maka sangat diharapkan agar mereka mendapatkan pengasuhan tepat.

"Penting untuk selalu memperhatikan kualitas para pendidik agar memiliki kompetensi di bidang PAUD," tuturnya.