Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Wow! Tujuh Dosen UNIKI Bireuen Masuk Daftar Ilmuwan Terbaik Versi AD Scientific Index 2023

Jumat, 04 November 2022 | 14:44 WIB Last Updated 2022-11-04T07:44:49Z

Wow! Tujuh Dosen UNIKI Bireuen Masuk Daftar Ilmuwan Terbaik Versi AD Scientific Index 2023

 
Detikacehnews.id | Bireuen - Tujuh dosen Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) masuk dalam Indonesia Top 10.000 Scientists versi AD Scientific Index 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Rektor II UNIKI, Chairul Bariah, SE, MM., saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Jumat, (4/11/2022).

"Alhamdulillah benar, Tujuh orang dosen kami masuk dalam Indonesia Top 10.000 Scientists versi AD Scientific Index 2023," ujarnya.

Charul Bariah menerangkan bahwa nama-nama dosen yang masuk dalam daftar tersebut diantaranya dosen pengajar di Fakultas Komputer dan Multimedia Program Studi (Prodi) Informatika, Novia Hasdyna, S.T., M.Kom menduduki peringkat pertama di tingkat UNIKI. Sementara untuk tingkat nasional Novia menduduki peringkat 7861, peringkat 163.058 di Asia, peringkat 807.822 di dunia . selanjutnya ada Dr. Azhari, SE., M.Si, AK, CA di posisi kedua di ikuti oleh Mutasar, M. Kom., Andi Lesmana, M.H , (alm) Husniadi M.M., Kamaruddin, M.M dan T. Irfan Fajri, S.Kom., M.M.S.I

AD Scientific Index adalah sistem peringkat dan analisis berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktifitas ilmiah para ilmuwan individu. Sistem perangkingan dan sistem analisis dilakukan berdasarkan performa ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah peneliti individu. AD Scientific Index juga memberikan perangkingan institusi berdasarkan karakteristik-karakteristik ilmiah atau peneliti dalam suatu afiliasi.

Sementara itu, Novia Hasdyna menjelaskan penilaian Indeks Ilmiah AD dikembangkan oleh Prof. Dr. Murat ALPER (MD) dan Associate Prof. Dr. Cihan DÖER (MD) menggunakan nilai total dan nilai 5 tahun terakhir dari indeks i10, h-indeks, dan skor kutipan/sitasi di Google Scholar. Oleh karena itu penelitian yang dia lakukan memperhatikan hal-hal tersebut.

"Penelitian saya yang diperhitungkan disini adalah semua penelitian yang sudah terpublikasi. Seperti dalam bentuk international journals, proceedings, book chapters, dan beberapa jenis karya ilmiah lainnya yang ada atau tercantum di Google Scholar, Sinta dan Garuda," jelasnya

Menurut novia, apa yang dia giatkan bersama dosen di UNIKI sekarang ini menjadi salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Saya dan teman teman dosen menjadi termotivasi untuk lebih produktif dalam melakukan Tri Dharma perguruan tinggi," lanjutnya

Ucapan Selamat juga disampaikan oleh Rektor UNIKI Prof. Dr. H. Apridar, SE., M.Si kepada para dosen UNIKI Bireuen atas kerja keras dan kontribusinya dalam menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat, Semoga pencapaian ini menjadi motivasi kepada dosen dan mahasiswa untuk dapat terus berkarya karena kita tahu karya tulis dan penelitian memiliki nilai yang besar terhadap literatur ilmiah di dunia.