Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Dosen FEB UNIKI Gelar Workshop Penerapan Digitalisasi di SMAN 1 Simpang Mamplam

Jumat, 04 November 2022 | 17:49 WIB Last Updated 2022-11-04T12:19:35Z

Dosen FEBI UNIKI Gelar Workshop Penerapan Digitalisasi di SMAN 1 Simpang Mamplam

 
Detikacehnews.id | Bireuen - Sebanyak tiga orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) menggelar Workshop dengan tema “Efektivitas Penerapan Digitalisasi 4.0 pada Ekonomi syariah, Perbankan Syariah dan Kewirausahaan (entrepreneurship)" di SMA Negeri 1 Simpang Mamplam, Jumat, (4/11/2022).

Hal ini dikatakan oleh Wakil Rektor II UNIKI, Chairul Bariah, SE, MM saat ditanyai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya.

Chairul Bariah mengatakan SMA Negeri 1 Simpang Mamplam juga merupakan sekolah binaan dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia sehingga perlu digelar penguatan dan pembinaan sebagai bentuk pengembangan ilmu bagi siswa disana.

Adapun ketiga dosen tersebut yaitu Dr. Syaripuddin, S.Pd., M.Si yang merupakan Dosen S2 Magister Manajemen, Mai Simahatie, SE., M.M dan Kamaruddin, M.M, Keduanya merupakan dosen S1 Manajemen FEBI UNIKI Bireuen.




Kepala SMA Negeri 1 Simpang Mamplam, Hasan Basri, S.Pd., M.M mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama SMA Negeri 1 Simpang mamplam dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Tema yang diseminarkan merupakan hal paling krusial yang harus diketahui oleh siswa dan siswi sekolah dimana saat ini mereka harus mampu menggunakan segala hal yang berhubungan dengan digitalisasi 4.0 baik itu teori maupun secara praktek, semisal bagaimana menggunakan komputer, laptop dan android secara baik dan benar.

"Alhamdulillah kegiatan ini diikuti oleh 100 siswa dan siswi SMA Negeri 1 Simpang Mamplam dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini," ujar Hasan

Ketua tim pelaksana workshop, Kamaruddin mengatakan bahwa pada kegiatan ini menghadirkan pakar pada bidang masing – masing seperti Dr. Syaripuddin, S.Pd., M.M yang merupakan doctor lulusan bidang ekonomi syariah, Mai Simahatie, S.E., M.M yang merupakan mantan karyawan Bank Syariah Indonesia, dan dirinya sendiri sebagai seorang wirausaha.

Ia menambahkan kegiatan ini berpusat pada informasi bagaimana cara siswa dan siswi SMA Negeri 1 Simpang Mamplam bijak dalam memanfaatkan digitalisasi 4.0, misalnya bagaimana cara siswa menggunakan aplikasi mobile banking ataupun aplikasi–aplikasi yang ada pada android sehingga mereka bisa mengikuti arah perkembangan zaman, sedangkan dalam bidang kewirausahaan siswa dituntut untuk bisa menggunakan aplikasi – aplikasi bisnis online dimana system pemasaran bisa dilakukan melalui media social atau menggunakan jasa web.

Banyak sekali Jenis-jenis bisnis online yang beredar sekarang ini, antara lain :

1. Pengiklan Website (Ads Publisher), adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka. Bisnis online ini dilakukan dengan bekerja sama dengan perusahaan pemasang iklan. Tugas kita sebagai publiser adalah memasang iklan mereka di website kita. Saat ini yang paling terkenal adalah Google Adsense dan Youtube Adsense.

2. List building adalah sebuah langkah awal untuk dapat melakukan marketing via email/emai marketing, dengan cara mengumpulkan data contract para target marketing bisnis kita. dengan istilah lain list building adalah upaya mengumpulkan nama + alamat email (standarnya hanya nama dan email, bisa saja anda mengumpulkan alamat, nomor HP, dll). Adapun data yang diambil juga bersifat umum, misalnya saja membangun list dari nomor whatsapp, BBM, dan list tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan usia, gender dan lain sebagainya.

3. Affiliate Marketer adalah orang yang menjalankan bisnis online dengan cara membantu mempromosikan produk atau jasa orang lain dan juga berhasil maka kita akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan. Affilisi atau affiliate Marketing adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa orang lain. Ketika kita berhasil melakukan penjualan produk atau jasa tersebut, maka kita akan mendapatkan komisi. Program afiliasi yang paling terkenal anatara lain Amazon.com, Lazada Affiliate Program dan lain-lain.

4. Online Shop/Toko Online adalah bentuk sebuah toko dalam sistem online atau dalam pengertian lain adalah tempat untuk melakukan transaksi jual beli secara global. dalam kata lain toko online adalah toko dalam internet. dalam istilah tersebut tidak ada bangunan toko asli seperti di dunia nyata dan tidak ada interaksi antara penjual dan pembeli secara langsung. Dalam toko online hanya ada sebuah website yang berisi informasi barang yang di jual berserta keterangannya dan informasi cara membelinya. Toko online memudahkan pembeli dalam segi efesiensi waktu. Tanpa harus keluar rumah seorang bisa mendapatkan barang yang dicarinya dengan membeli secara online. Yang perlu dilakukan hanyalah koneksi internet. Dengan komputer atau smartphone di tangan bisa membuka sebuah toko online yang menjual barang yang dicari. Dengan membaca keterangan yang tertera dalam toko online tersebut akan dengan mudah Anda bertransaksi. Proses pembayaran menggunakan transfer antar bank atau kartu kredit. setelah pembayaran selesai dilakukan barang yang Anda beli akan segera dikirimkan ke tempat Anda melalui jasa pengiriman. Banyak toko online yang sudah terkenal di Indonesia antara lain: Lazada.co.id, shopee.co.id, blibli.com dan lain sebagainya.

5. Bisnis Pay Per Post/Content Writer artinya kita akan dibayar setiap artikel yang akan kita publish atau kita post ke website/blog kita sesuai pesanan perusahaan. Pay Per Post biasanya berisi artikel review terhadap suatu produk tertentu dan ada link yang menuju website produk tersebut. Harapannya untuk membuat banyak backlink di website lain, dan akan mendongkrak kunjungan website mereka. sedangkan content writer adalah jasa penulisan content website. Menjadi seorang penulis konten tidaklah membutuhkan modal yang banyak tetapi membutuhkan ketelitian, pengetahuan yang luas, dan tentu gaya menulis yang baik. Seorang penulis content harus menjauhkan diri dari copy paste website lain, sehingga tulisan yang dihasilkan original dan mudah terindeks oleh google atau search engine lainnya. contoh website untuk mendaftar pay per post antara lain: payperpost.com.

6. Menjual Jasa/Menawarkan Jasa, Salah satu bisnis online di internet adalah menjual jasa. kita bisa menawarkan berbagai macam keahlian, misalnya maintenance website, SEO, dan lain sebagainya. Bisnis ini dapat kita jalankan melalui website pribadi, atau kita tawarkan melalui media social yang kita punya.

7. Flipping Site/Situs Flipping adalah seni membeli, meningkatkan dan menjual website. Istilah ini berasal dari industri properti dimana investor akan membeli properti, merenovasi itu untuk menambah nilai dan kemudian menjualnya dengan harga lebih tinggi. website flipping pada dasarnya adalah proses yang sama secara online. seorang investor, atau kelompok investasi, membeli sebuah website yang didirikan, menambah nilai dan kemudian menjual situs dengan harga lebih tinggi. Dari hasil workshop yang diadakan, terbukti bahwa banyak dari siswa yang sudah mulai mengerti bagaimana menggunakan aplikasi – aplikasi dari computer, laptop dan android dan juga ada beberapa yang sudah mulai menerpkan bisnis online untuk pemasaran produk melalui toko online, artinya siswa dan siswi SMA Negeri 1 Simpang Mamplam sudah mulai cakap mengikuti penerapan digitalisasi 4.0. Demikian penjelasan kamaruddin dalam paparan seminar Efektivitas penerapan digitalisasi 4.0 pada ekonomi syariah, perbankan syariah dan kewirausahaan yang diadakan di SMA Negeri 1 simpang mamplam.