Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Bireuen, Ketua Prodi PG-PAUD Umuslim Kunjungi Beberapa PAUD Inklusi di Bireuen

Senin, 05 Desember 2022 | 12:01 WIB Last Updated 2022-12-05T05:01:18Z

Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Bireuen, Ketua Prodi PG-PAUD Umuslim Kunjungi Beberapa PAUD Inklusi di Bireuen


Detikacehnews.id | Bireuen - Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FKIP Universitas Almuslim mengunjungi beberapa PAUD Inklusi dalam lingkup Kabupaten Bireuen pada Selasa dan Rabu, 29-30 November 2022.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim, Dr. Sari Rizki, M.Psi saat diwawancarai oleh media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Senin, (5/12/2022).

"Benar, saya, mahasiswa PG-PAUD FKIP Umuslim dan pihak Dinas Pendidikan Bireuen sudah mengunjungi beberapa PAUD Inklusi dalam lingkup Kabupaten Bireuen Minggu lalu," ujarnya.

Dr. Sari Rizki mengatakan bahwa salah satu visi Program Studi PG-PAUD Universitas Almuslim yaitu menghasilkan pendidik yang mampu memahami perkembangan anak usia dini. Untuk itu, ia pun berinisiatif mengajak mahasiswa PG-PAUD mengunjungi beberapa PAUD Inklusi, diantaranya PAUD di Kecamatan Kuta Blang, Kecamatan Jangka, Kecamatan Pelimbang, dan Kecamatan Jeunib.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meninjau pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang memiliki kebutuhan khusus. Oleh karena itu, mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim yang hadir diajak berinteraksi langsung dengan beberapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang ada disana, agar mahasiswa lebih memahami bagaimana cara penanganan ABK dan mampu mendiagnosis setiap kebutuhan dari ABK tersebut.

"Inti dari kegiatan ini adalah saya ingin mengajak mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim berinteraksi langsung dengan ABK yang ada disana sehingga mereka lebih memahami dan mengenali cara penanganan ABK," ucapnya.





Selain itu, ia menambahkan tujuan dari kegiatan tersebut yaitu juga untuk melihat perkembangan anak ABK dan kelayakan fasilitas yang digunakan untuk anak-anak disana, serta ketersediaan guru pendamping untuk setiap ABK.

Dr. Sari Rizki yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan pada Pokja Bunda PAUD Kabupaten Bireuen menerangkan bahwa kegiatan kunjungan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan Bidang PAUD Kabupaten Bireuen dan salah satu wujud dari program Pokja Bunda PAUD Kabupaten Bireuen yang turut berkolaborasi dengan PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim.

Untuk itu, dalam kegiatan ini juga ikut didampingi oleh Ibu Nurmaliah, S.Pd dari Sekretaris Bidang PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen yang juga sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan PAUD Inklusi tersebut.

"Kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bireuen tentu sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat positif ini," ujarnya.

Dr. Sari Rizki diakhir wawancara mengatakan kegiatan ini akan menjadi agenda rutin bulanan Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim sebagai implementasi kerjasama dengan beberapa sekolah inklusi yang ada di wilayah Kabupaten Bireuen.