Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Puluhan Anak Kurang Mampu di Bireuen Ikuti Khitanan Gratis dari Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat

Minggu, 09 April 2023 | 23:18 WIB Last Updated 2023-04-09T16:18:57Z

Puluhan Anak Kurang Mampu di Bireuen Ikuti Khitanan Gratis dari Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat


Detikacehnews.id | Bireuen - Sebanyak 40 anak kurang mampu di Bireuen mengikuti Khitanan Gratis yang digelar oleh Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat, Minggu, (9/4/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di 3 titik di wilayah Kabupaten Bireuen berjalan sukses dan lancar.

Anggota Badan Baitul Mal Aceh, Mukhlis Sya'ya mengatakan bahwa kolaborasi kegiatan antara Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat ini sangat bermanfaat dalam membantu meringankan beban dari para keluarga kurang mampu secara langsung untuk mengkhitan anak-anak mereka.

"Apa yang kami lakukan ini juga sebagai upaya untuk memperluas cakupan penerima manfaat dari dana zakat yang dikelola oleh Baitul Mal Aceh. Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi semua yang terlibat dalam kegiatan mulia ini," ujar Mukhlis Sya’ya.

Mukhlis menjelaskan lokasi pelaksanaan kegiatan Khitanan Gratis ini diantaranya, di Klinik Pratama Geutanyoe (Bugak Krueng Mate Kecamatan Jangka) sebanyak 14 anak, Klinik Pratama Geutanyoe (Kecamatan Simpang Mamplam) sebanyak 16 anak, dan di Puskesmas Cot Ijue, Kecamatan Peusangan sebanyak 5 anak.

Mukhlis berharap kepada para penerima manfaat ini untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar para Muzakki dan para Amil diberikan kesehatan, keberkahan dan kemudahan rezeki serta dilancarkan semua urusan mereka.




Ketua Pelaksana kegiatan, Yasir Arafat menerangkan kegiatan Khitanan Gratis selalu diminati oleh masyarakat, terutama di masa liburan atau Ramadhan. Namun, tidak semua peserta bisa ditampung karena kuota sudah penuh. Ia menuturkan sebelum bulan Ramadhan, orang tua sudah antusias mendaftarkan anaknya untuk dikhitan secara gratis.

"Peserta yang sudah mendaftar sudah diverifikasi layak untuk mengikuti kegiatan khitanan gratis ini. Mereka berasal dari keluar kurang mampu," ujarnya.

Pemilik Klinik Pratama Geutanyoe Bugak, Said Agus menyambut baik kegiatan ini dan mengakui bahwa banyak masyarakat dan anak-anak yang terbantu oleh kegiatan ini. Apalagi mereka mendapat paket Ramadan dan santunan.

"Salah satu peserta khitan, Faza (13 tahun), mengaku sangat senang bisa ikut dikhitan di klinik dan berterima kasih kepada Baitul Mal Aceh dan Rumah Zakat atas kegiatan ini," ucap Said.

Rumah Zakat selaku pelaksana mengapresiasi Baitul Mal Aceh atas kepedulian dan kontribusinya dalam menyelenggarakan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat terutama kurang mampu dan membutuhkan.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya anak-anak yang tidak mampu untuk melakukan khitan secara gratis.

"Saya sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan khitanan gratis yang disponsori oleh Baitul Mal Aceh dan dilaksanakan oleh Rumah Zakat. Anak saya dapat mengikuti khitan secara gratis dan saya tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus dikeluarkan. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar orangtua salah satu peserta khitanan massal.

Branch Manager Rumah Zakat, Riadhi menyampaikan melalui rilisnya ucapan terima kasih Kepada Baitul Aceh atas sinergi yang terjalin.

Program Khitanan Ceria yang di usung Rumah Zakat agar anak-anak merasa senang. Semoga hal yang sama bisa di lakukan didaerah lain dengan mengajak lebih banyak mitra dan penerima manfaat.