Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Perlombakan 8 Cabang, MTQ ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen Dibuka Malam Ini

Sabtu, 17 Juni 2023 | 13:48 WIB Last Updated 2023-06-18T01:24:00Z

Perlombakan 8 Cabang, MTQ ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen Dibuka Malam Ini
Foto : Anwar, S.Ag., M.A.P., Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen

Detikacehnews.id | Bireuen - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2023 akan dibuka secara resmi malam ini, Sabtu, 17 Juni 2023 pada pukul 20.30 WIB di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cot Gapu, Bireuen.

Hal ini dikatakan oleh Anwar, S.Ag., M.A.P selaku Ketua Panitia Pelaksana yang juga menjabat Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen.

"InsyaAllah pelaksanaan MTQ dijadwalkan selama 6 hari 7 malam dari tanggal 17 s.d 24 Juni 2023 dengan pembukaan perdana mulai malam ini Sabtu, 17 Juni 2023. Seluruh kegiatan akan dilaksanakan mulai pukul 8.00 wib s.d pukul 23 wib," ujarnya.

Anwar menjelaskan bahwa ada 8 Cabang MTQ dan 24 golongan yang diperlombakan dalam ajang MTQ tahun 2023 ini, dengan jumlah 614 peserta putra/putri.

Adapun rinciannya sebagai berikut; 1) Tilawah dan Qiraah Shab’ah 166 peserta, 2) Tartir Qur’an 34 peserta. Selanjutnya cabang 3) Hifzil Qur’an 87 peserta, 4) Tafsir Qur’an; 17 peserta, 5) Fahmil Qur’an 32 group 96 peserta 6) Syarhil Qur’an 34 group 102 peserta, 7) Khattil Qur’an 87 peserta 8) Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ) 25 peserta.

Sementara dua golongan perlombaan MTQ yang tidak ada peserta yaitu Cacat Netra Putra dan Putri dan Hifzil Quran 30 juz putra.

Ia menerangkan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 Tahun 2023 ini merupakan kegiatan lanjutan dari MTQ Tingkat Gampong, Kemukiman dan MTQ tingkat Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

MTQ dilaksanakan secara berjenjang, keseriusan masyarakat dan pemerintah dalam merespon dan melaksanakan MTQ dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan dan peningkatan.

Peningkatan tersebut sudah tentu menggembirakan dan sekaligus merupakan tantangan karena peningkatan yang bersifat kuantitatif harus diikuti dengan peningkatan kualitatif dalam penyelenggaraan maupun hasil musabaqah itu sendiri.

Adapun maksud pelaksanaan MTQ menjadi ajang silaturrahmi qari-qariah, pelatih, official dan Dewan Hakim serta seluruh pencinta seni baca/tulis Al-Quran.

Tujuannya, disamping untuk meningkatkan syiar pelaksanaan syariat Islam, juga sebagai ajang seleksi calon peserta MTQ Tingkat Provinsi Aceh yang akan digelar pada bulan Oktober tahun 2023 di Kabupaten Simeulu nantinya.

Kegiatan yang mengambil tema ”Bangkit dan Maju Bersama Membangun Generasi Qur’ani” ini akan dilaksanakan di 5 lokasi. Lokasi Pertama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) diperlombakan MTQ cabang Tilawah dan Qiraah Shab’ah jumlah 166 peserta, Lokasi kedua dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Jeumpa diperlombakan MTQ cabang Tartir, Hifzil dan Tafsir Quran jumlah 138 peserta.

Lokasi ke tiga di Meuligou Pendopo Bupati Bireuen diperlombakan MTQ cabang Syarhil jumlah 34 group dan Fahmil Qura’an 32 group jumlah 198 peserta. Lokasi ke empat di SMA Negeri 1 Bireuen akan diperlombakan MTQ cabang Khattil Qur’an jumlah 87 peserta.

Lokasi ke lima di Kampus IAI Al Muslim akan diperlombakan MTQ cabang Karya Tulis Ilmiyah Al Qur’an (KTIQ) jumlah 25 peserta.

"Kita harapkan pelaksanaan MTQ ini dapat memberikan manfaat dan sumbangsih bagi peningkatan pembinaan qari-qoriah, hafizh-hafizhah, mufasir-mufassirah, meningkatkan penghayatan dan pemahaman isi kandungan al-qur’an serta penulisan indah al-qur’an di Kabupaten Bireuen," tutur Anwar.