Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sambut Tahun Baru Islam, ODOJers Aceh Gelar Silaturahim dan Ngaji Bareng

Senin, 24 Juli 2023 | 19:54 WIB Last Updated 2023-07-24T13:06:05Z

Sambut Tahun Baru Islam, ODOJers Aceh Gelar Silaturahim dan Ngaji Bareng

 

Detikacehnews.id | Banda Aceh - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H, Komunitas Pecinta Alquran Aceh yang tergabung dalam Organisasi One Day One Juz (ODOJ) Indonesia menggelar kegiatan Silaturrahim dan Ngaji Bareng di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada 19 Juli 2023.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia kegiatan, Dindin Soleh Nurdinm saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Senin, (24/7/2023).

Dalam keterangannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan silaturahim ODOJers Aceh dari berbagai daerah yang ada di Aceh dengan harapan akan ada kegiatan-kegiatan seperti ini kedepannya, baik di Provinsi Aceh atau Kabupaten/Kota masing-masing dalam rangka “Membumikan Alquran dan Melangitkan Manusia” sesuai dengan visi ODOJ Indonesia, sebagaimana Utsman bin Affan r.a. berkata bahwa “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang belajar Alquran dan dan mengajarkannya” (HR. Bukhari).





Kegiatan ini dimulai pembacaan Tilawah Alquran dari perwakilan santriwati Pondok Tahfizh Istanbul Binaan Human Iniatiave, Aura Taqiyya. Kemudian dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustadzah Syarifah Alawiyah tentang keutamaan membaca Alquran. Beliau menyampaikan bahwa Rasulullah Saw. sendiri memberikan semangat kepada para sahabatnya agar dapat mengkhatamkan Alquran minimal 20 hari sekali, namun demikian para sahabat meminta izin kepada Rasulullah Saw untuk dapat mengkhatamkan 3 hari sekali demi memanfaatkan masa muda mereka dalam beribadah kepada Allah dan lebih menakjubkan lagi sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Amr r.a. dapat mengkhatamkan Alquran satu kali dalam sehari. Oleh karena itu, untuk menjaga semangat mengkhatamkan Alquran maka momentum Tahun Baru Islam 1445 H ini dapat dijadikan sarana hijrah resolusi perbaikan diri dalam berinteraksi dengan Alquran.

Kegiatan ini terselenggara dengan baik atas dukungan dari Pemerintah Kota Banda Aceh, Kabid. Promosi Pemasaran dan Pengembangan Sumberdaya Pariwisata Bapak Triansyah Putra, SE., MM., mengatakan siap mendukung kegiatan ODOJ melalui Dinas Pariwisata Aceh pada Program Wisata Spiritual Kota Banda Aceh.

Organisasi One Day One Juz (ODOJ) Indonesia ini, kini telah memiliki member 130.042 orang (berdasarkan data per 31 Mei 2023) yang tersebar di seluruh Indonesia dan 21 Negara dengan kepengurusan aktif yang berada dari tingkat pusat sampai daerah adalah 26 Propinsi (Pemprov) dan 126 Kota/ Kabupaten (DPA). Keseluruhan member ODOJ tersebar di 4.523 Group WhatsApp yang dikelola oleh 3.446 Admin. Adapun tujuan dari komunitas ODOJ adalah (1) Membumikan Alquran dan Melangitkan Manusia, (2) Memfasilitasi dan mempermudah umat Islam agar dapat membiasakan tilawah Al-Quran setiap hari dan (3) Mengajak orang untuk mencintai Al-Quran sebagai bacaan mulia, ungkap Ibu Baznila yang merupakan perwakilan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) ODOJ.

Kegiatan ini dihadiri oleh Para ODOJers Aceh yang berasal dari Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara sedangkan beberapa ODOJers Aceh lainnya dari Kabupaten Sigli, Pidie, Bireuen, Bener Meriah, Takengon, Aceh Barat, Aceh Selatan dan Tapak Tuan belum dapat berhadir. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam memeriahkan Tahun Baru Islam selain Ngaji Bareng seperti Kegiatan Tausiah, Pengenalan dan Silaturahmi Bersama ODOJers Aceh, Sosialisasi Program ODOJ Indonesia, Diskusi Pembentukan Pengurus Propinsi Aceh, dan Edukasi tentang Pengelolaan Sampah Organik dan Non Organik.


 

Pada kegiatan tersebut juga, Ibu Nuring sabagai DPA Aceh Utara juga mensosialisasikan program yang ada di ODOJ, seperti Program Tilawah Al-Quran satu hari satu juz (ODOJ - One Day One Juz), satu hari setengah juz (ODALF - One Day Half Juz), satu hari satu lembar (ODOL KIDS- One day One Lembar) untuk anak-anak dibawah 12 tahun) dan satu hari beberapa ayat (ODOJ STARS - Everybody Read Al-Quran), dan Ibu Sitti Zubaidah juga menambahkan bahwa di ODOJ juga memiliki Program Group Tilawah Khusus (GTK) yakni sekelompok masyarakat dari komunitas tertentu yang ingin bergabung dengan ODOJ seperti komunitas dari Sekolah, Pengajian Desa/ Kantor, Majelis Ta’lim/ Pengajian dan komunitas lainnya.

Pada kegiatan Ngaji Bareng Para ODOJers Aceh, ikut dimeriahkan juga oleh Santriawati dampingan Ustadzah Asri Ramadhani dari Pondok Tahfizh Istanbul Binaan Human Iniatiave dengan jumlah 70 Santriwati dan mampu mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 2 (dua) kali diakhiri dengan membaca doa Khataman Al-Quran. Bagi masyarakat yang berminat ingin bergabung dengan komunitas ODOJ Indonesia dapat membuka Web ODOJ Indonesia atau menghubungi masing-masing Pengurus DPA di Kabupaten / Kota Propinsi Aceh ungkap Ibu Anyta dan Ibu Ratna yang merupakan panitia penerimaan member baru.