Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Usung Visi Adab Diatas Ilmu, dr. Fadhul Pimpin FORESPI

Senin, 07 Agustus 2023 | 18:35 WIB Last Updated 2023-08-07T11:35:25Z

Usung Visi Adab Diatas Ilmu, dr. Fadhul Pimpin FORESPI

 

Detikacehnews.id | Banda Aceh - dr. Fadhlul Huda Suardi terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi Residen Pulmonologi dan kedokteran Respirasi (FORESPI) dalam Musyawarah residen Pulmonologi FK USK pada Senin,  (07/08/2023) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin.

Mas Alul sapaan akrab dr Fadhlul akan memimpin FORESPI periode 2023-2024 menggantikan dr Yuris. Pemilihan calon ketua FORESPI tahun ini ada 4 residen yang dicalonkan yaitu, dr.Saiful Hadi, dr Fadhul Huda , dr Muhammad Purqan dan dr Teuku Yusfan Rahmadi.


Visi yang diusung oleh dr. Fadhul yaitu 'Adab diatas Ilmu'. Dalam pandangan saya, ini adalah visi yang menarik dan menunjukkan kearifan serta pengakuan terhadap tradisi adat yang masih menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sebagai insan akademis. Ujar dr Fadhlul.


Dalam dunia modern yang semakin canggih dan serba terkoneksi, seringkali kita melihat pemikiran-pemikiran yang mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai jawaban atas segala permasalahan. Namun, Dr. Fadhul dengan visinya yang berani ini memperkenalkan gagasan bahwa tetap menjunjung tinggi adat dan budaya berbasis pembentukan karakter bagi peserta pendidikan dokter spesialis, khusus nya program studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.


Namun, bukan berarti bahwa ilmu pengetahuan tidak penting. Visi 'Adab diatas Ilmu' yang diusung oleh dr. Fadhul bisa diartikan sebagai menggabungkan kedua elemen ini dalam harmoni yang indah dan selaras. Adat dan ilmu saling melengkapi dan dapat menghasilkan efek positif bagi siapapun yang cinta dengan tradisi ilmiah, berkhidmat pada guru, dan siap mengamalkan ilmu kepada masyarakat dengan baik.


Kebanyakan residen sangat setuju dengan konsep ynag diusung oleh dr. Fadhul dalam perannya sebagai pimpinan FORESPI dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan pemahaman dan apresiasi terhadap nilai-nilai adab di kalangan intelektual dengan pendekatan yang kreatif dan inovatif.


Ditemui di tempat terpisah, dr Hulaimi yang juga tim pemenangan sahabat fadhul menyampaikan bahwa visi 'adab diatas Ilmu' yang diusung oleh dr Fadhul memainkan peran penting dalam menjaga warisan budaya keAcehan dan nilai islami yang diusung Dengan menghormati dan memperkuat nilai-nilai adab dalam konteks dunia modern, kita dapat menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan seimbang. dr Hulaimi mengajak semua residen untuk mendukung dr. Fadhul dalam upayanya untuk mempromosikan harmoni antara adab dan ilmu sehingga kedepannya USK dapat melahirkan para Dokter yang berjiwa intelektual dan berkarakter adab sesuai nilai-nilai kearifan.