Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hasilkan Rancangan Komik Matematika Digital, Dosen Pendidikan Matematika Umuslim Sukses Gelar Penelitian Fundamental Reguler di 5 Kabupaten di Aceh

Selasa, 07 Mei 2024 | 12:07 WIB Last Updated 2024-05-07T07:45:52Z

Hasilkan Rancangan Komik Matematika Digital, Dosen Pendidikan Matematika Umuslim Sukses Gelar Penelitian Fundamental Reguler di 5 Kabupaten di Aceh
Foto kegiatan penelitian fundamental reguler di Kabupaten Aceh Utara.


Detikacehnews.id | Bireuen - Dosen sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Almuslim, Novianti, S.Pd., M.Si., sukses menggelar kegiatan Penelitian Fundamental-Reguler (PF-R) di 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Aceh.

Hal itu dibenarkan oleh dirinya saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Selasa, (7/5/2024).

"Iya benar, saya sudah menyelesaikan program Penelitian Fundamental-Reguler Tahun 2023 yang menghasilkan Rancangan Komik Matematika Digital," ujarnya.

Novianti menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program bergengsi dari Kemendikbud Ristek Dikti berupa Direktorat Riset, Teknologi, dan, Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Tahun Anggaran 2023 yang berhasil ia dapatkan setelah melalui tahapan seleksi ketat yang diikuti oleh seluruh dosen di Indonesia.





Ia mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Sebab dapat berbagi langsung pengalaman belajar matematika yang menyenangkan bersama yang lainnya.

Adapun program penelitian yang didapatkan dari DRTPM Tahun Anggaran 2023, yaitu rancangan komik matematika digital untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi terintegrasi kearifan lokal budaya kain kasab.

Media pembelajaran Komik digital adalah suatu media ajar yang berisikan tentang cerita bergambar dengan berbagai jenis karakter tokoh tertentu yang menyajikan informasi yang berhubungan dengan materi ajar. Dengan Cerita bergambar yang ada pada media komik, maka nantinya membuat siswa tidak merasa bosan dalam belajar.

Perkembangan teknologi terhadap media pembelajaran dapat diimplementasikan dengan keunggulan komik digital, sehingga media pembelajaran tersebut memiliki manfaat bagi guru dan peserta didik yang dapat disajikan dengan berbagai media elektronik tertentu.

"Kita harapkan, dengan adanya media pembelajaran baru menggunakan komik digital ini dapat menjadikan pelajar lebih tertarik dan menyukai matematika nantinya," tutur Novianti.

Ia juga menambahkan lokasi pelaksanaan program tersebut ada di lima titik, diantaranya Kabupaten Bireuen, Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Aceh Utara, dan Kabupaten Bener Meriah.