Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

IPARI Bireuen Gelar Pentas Moderasi di Gampong Pulo Ara

Kamis, 04 Juli 2024 | 17:53 WIB Last Updated 2024-07-05T03:53:55Z

 Salah satu peserta saat mengikuti Pentas Moderasi di Meunasah Gampong Pulo Ara


Detikacehnews.id | Bireuen - Dalam upaya memperkuat semangat kebersamaan dan toleransi antar umat beragama, Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kabupaten Bireuen menggelar kegiatan pentas moderasi di Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota juang, Kabupaten Bireuen, Kamis, (4/7/2024).


Kegiatan pengembangan KMB yang bertajuk "Rawat Kerukunan, Jaga Keutuhan Bangsa" berlangsung meriah ini berhasil menarik perhatian ratusan warga dari berbagai kalangan dan usia, serta mendapatkan apresiasi tinggi dari tokoh masyarakat setempat.


Pentas Moderasi ini merupakan bagian dari program kerja IPARI Bireuen yang bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama, toleransi, dan kebersamaan. Acara ini diisi dengan dua cabang perlombaan yang dipertandingkan yaitu lomba pidato tingkat remaja dan lomba baca puisi tingkat anak-anak.





Koordinator kegiatan, Drs. Syukri MA menyampaikan, pentas moderasi adalah kegiatan lanjutan dalam rangka program pengembangan kampung moderasi beragama. Penunjukan gampong Pulo Ara sebagai Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kabupaten Bireuen sebagaimana instruksi dalam kep dirjen No. 137 Tahun 2023 tentang penetapan KMB.
 

"Ajang pentas ini juga merupakan ajang uji nyali bagi anak-anak kita serta pengenalan tentang makna moderasi beragama, dan tentunya kita berharap nantinya akan lahir agen-agen moderasi yang hebat dan bermartabat dari gampong ini," ujarnya.


Dia menambahkan, nantinya pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2024, bertepatan dengan kegiatan pembinaan Pokja Pengembangan Kampung Moderasi Beragama.


Acara ini juga mendapatkan dukungan penuh dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat. Mewakili pemerintahan Gampong Pulo Ara, Tgk Nurdin menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif IPARI Bireuen dalam menyelenggarakan Pentas Moderasi.


"Kegiatan seperti ini sangat penting untuk memupuk rasa kebersamaan dan toleransi di tengah masyarakat. Kami bangga dan mendukung penuh usaha IPARI Bireuen dalam menggelar acara yang bermanfaat bagi semua kalangan. Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi inspirasi bagi daerah lain," ungkap Tgk. Nurdin.


"Dengan dijadikannya gampong kami ini sebagai pilot project Kampung Moderasi Beragama, kami sangat berharap dengan berbagai pembinaan yang dilakukan oleh penyuluh mampu menciptakan keharmonisan dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Nurdin yang saat ini menduduki jabagan sebagai Ketua Peutuha Tuhan Lapan.
 

Dibagian lainnya, pentas moderasi yang dilangsungkan tersebut diikuti oleh 18 peserta dari masing-masing cabang perlombaan. Dari pantauan media, peserta tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan perlombaan.


Pentas Moderasi yang digelar oleh IPARI Bireuen di Gampong Pulo Ara berhasil menjadi ajang yang menyatukan warga dalam semangat kebersamaan dan toleransi. Dukungan dari tokoh masyarakat dan antusiasme warga menjadi bukti bahwa nilai-nilai moderasi beragama tetap hidup dan terus diperkuat di Kabupaten Bireuen. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam membangun masyarakat yang rukun dan damai.