Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Asah Keterampilan Umum Siswa, Kepala SMAN 3 Bireuen Lantik Pengurus Pramuka

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:55 WIB Last Updated 2022-10-23T04:55:20Z

 

Asah Keterampilan Umum Siswa, Kepala SMAN 3 Bireuen Lantik Pengurus Pramuka


Detikacehnews.id | Bireuen - Kepala SMA Negeri 3 Bireuen, Abdullah, S.Pd melantik Pengurus Pramuka SMA Negeri 3 Bireuen di halaman sekolah setempat, Minggu, 23 Oktober 2022.

Hal ini sesuai pantauan awak media detikacehnews.id yang meliput langsung saat Pembacaan Ikrar Pramuka oleh Kepala SMA Negeri 3 Bireuen.

Sebelum dilantik, Kepala SMA Negeri 3 Bireuen yang dipanggil dalam istilah pramuka di Aceh sebagai Cut Bang Abdullah menanyakan kesediaan pengurus dan kesiapan dalam menjalankan kegiatan Pramuka kedepannya.

"Sebelum saya lantik, apakah kalian bersedia dan siap menjalankan wadah ini kedepannya?," tegas Cut Bang Abdullah.

Ia menerangkan banyak sekali nilai-nilai luhur dalam kepramukaan seperti, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan pada alam dan sesama manusia, kecintaan pada tanah air dan bangsa, kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan, tolong-menolong, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat, hemat, cermat, dan bersahaja, serta rajin dan terampil. Dengan mengikuti kegiatan pramuka maka diharapkan seseorang dapat memahami dan tumbuh sebagai pribadi yang baik sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Selain itu, ia menambahkan kegiatan kepramukaan juga dapat mengasah keterampilan seperti keterampilan fisik, keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan emosional, dan keterampilan sosial.

"Saya berharap dengan adanya wadah ini dapat menjadi pembelajaran dan melahirkan karakter baik bagi siswa kami semua yang menjadi pengurus di Pramuka," harapnya.





Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Bireuen, Muhammad, S.Pd menjelaskan bahwa Pramuka di SMA Negeri 3 Bireuen salah satu organisasi yang sangat aktif dan sering hadir dalam berbagai kegiatan kepramukaan, baik di dalam daerah atau pun diluar daerah. Namun, semenjak pandemi covid19 wadah tersebut terpaksa harus dihentikan sementara waktu.

"Alhamdulillah tahun ini bisa diaktifkan kembali kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 3 Bireuen setelah sebekumnya sempat vakum akibat pandemi covid19," ujarnya.

Cut Bang Muhammad yang didampingi Pembina Pramuka SMA Negeri 3 Bireuen Cut Bang Ismawardi, S.Pd menerangkan bahwa sebelum dilantik pengurus Pramuka SMA Negeri 3 Bireuen mengikuti kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) pada 22 - 23 Oktober 2022.

Para pengurus Pramuka dibekali dengan berbagai keterampilan dan materi yang disampaikan langsung oleh Rizki Firdatul Utama selaku Ketua DKC (Dewan Kerja Cabang) Bireuen bersama tiga orang pelatih lainnya. Adapun materi yang disampaikan diantaranya konsep dasar kepramukaan, leadership, dan cerita api unggun.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan ditutup dengan sesi foto bersama usai pelantikan pagi tadi," tutur Cut Bang Muhammad.