Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kemenag Aceh Utara Gelar Capacity Building Revitalisasi KUA

Jumat, 14 Oktober 2022 | 21:59 WIB Last Updated 2022-10-14T18:16:17Z

Kemenag Aceh Utara Gelar Capacity Building Revitalisasi KUA

 
Detikacehnews.id | Lhoksukon - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara melalui Seksi Bimas Islam menggelar acara Capacity Building Revitalisasi KUA yang berlangsung di Aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kankemenag Kabupaten setempat, Jum'at (14/10/2022).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Plh. Kepala Kantor kemenag Aceh Utara Drs. Munzir, M.Pd dengan menghadirkan Narasumber dari Kanwil Kemenag Aceh, yaitu Kepala Bidang Urusan Agama Islam Drs. H. Azhari.

Dalam pembukaannya, Drs. Munzir, M.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu peningkatan kualitas dan pelayanan KUA, dengan cara menguatkan kegiatan keagamaan bukan saja masalah nikah.

"Ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kemenag dalam mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat," katanya.

 

Kasi Bimas Islam Kemenag Aceh Utara, H. Asnawi, S.Ag., M.Sos, dalam sambutannya juga menyampaikan kegiatan ini untuk memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat Program dan layanan keagamaan, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Sementara Drs. H. Azhari dalam materinya menyampaikan bahwa, dalam peningkatan pelayanan, Kementerian Agama RI memiliki program prioritas, salah satunya adalah Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA), serta menyampaikan maksud dan tujuan dari Revitalisasi KUA itu.

"Tujuan dari program Revitalisasi KUA ini diantaranya Meningkatkan kualitas layanan kehidupan umat beragama, meningkatkan kualitas layanan keagamaan kepada masyarakat, meningkatkan layanan pemberdayaan ekonomi umat, dan menjadikan KUA sebagai pusat data keagamaan dengan deteksi dini konflik keagamaan serta menjadikan KUA sebagai rumah moderasi beragama," jelasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 54 peserta terdiri dari Kepala KUA serta para operator di KUA Se-Kabupaten Aceh Utara.

Diharapkan dengan adanya program Capacity Building Revitalisasi KUA ini dapat lebih meningkatkan layanan KUA sebagai etalase Kementerian Agama kepada masyarakat. (Murhaban)