Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Semarakkan HSN 2022, MWCNU Mojokerto Adakan Upacara dan Kirab Panji NU

Minggu, 23 Oktober 2022 | 11:04 WIB Last Updated 2022-10-23T04:04:18Z




Detikacehnews.id | Mojokerto - Semarak Hari Santri Nasional (HSN) 2022, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto adakan upacara serta kirab panji Nahdlatul Ulama beserta badan otonom dan lembaga.

Kegiatan upacara dan kirab ini dilakukan pada Sabtu (22/10/2022) dengan lokasi upacara di Lapangan Desa Mojodadi, sedangkan kirab panji dengan rute seluruh desa se-Kecamatan Kemlagi.

500 orang dari pengurus, badan otonom dan lembaga MWCNU Kecamatan Kemlagi hingga Pemerintah Kecamatan Kemlagi hadir untuk menyukseskan kegiatan ini.

"Begitu senang hati saya ketika diundang di kegiatan ini, saya mensupport penuh, apalagi saya dikejutkan dengan dijadikan pembina upacara untuk membaca sambutan dari Kementerian Agama RI," tutur Camat Kemlagi Tri Cahyo Harianto, S.Sos., M.Pd.

Semarakkan HSN 2022, MWCNU Mojokerto Adakan Upacara dan Kirab Panji NU


Tak ayal, selama persiapan hingga berlangsungnya upacara dan kirab, Camat Kemlagi beserta jajaran langsung turun tangan untuk membersamai panitia penyelenggara.

Ada hal yang unik saat berlangsungnya upacara, setelah pengibaran Bendera Merah Putih, Pencak Silat Pagar Nusa dan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti membentangkan Bendera Merah Putih dengan panjang 100 meter.

"Keindahan kebersamaan yang ditunjukkan oleh Pagar Nusa dan Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti saat membentangkan bendera membuat hati ini terharu, seakan tiada sekat diantara mereka," ucap Ketua MWCNU Kemlagi M. Arif, S.Ag., M.Ag.

Lanjutnya, Ketua MWCNU Kemlagi mengatakan bahwa kegiatan upacara ini tidak hanya sebagai giat seremonial, tapi terbukti memberikan ruang positif dalam mewujudkan kebersamaan dan menjadi manusia yang bersih luar dalam.

Setelah upacara usai, kirab panji Nahdlatul Ulama, banom dan lembaga pun dilakukan dengan kawalan Polsek Kemlagi.

Kirab panji ini memutari Kecamatan Kemlagi atau melintasi desa se-Kecamatan Kemlagi.

"Melalui kirab ini, eksistensi keberadaan Nahdlatul Ulama ditunjukkan sekaligus mengenalkan berbagai banom dan lembaga yang dimiliki oleh Nahdlatul Ulama. Lebih dari itu, masyarakat akan mengetahui atau bahkan mengingat kembali sejarah perjuangan santri dalam andil mewujudkan kemerdekaan," jelas Ketua Penyelenggara HSN 2022 Kemlagi Irsyadul Masluhi, S.Pd.

Pewarta: Tegar Herlambang