Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Diikuti 79 Lulusan, FKIP Umuslim Sukses Gelar Upacara Yudisium Program S1

Selasa, 20 Desember 2022 | 20:01 WIB Last Updated 2022-12-20T13:48:06Z
Diikuti 79 Lulusan, FKIP Umuslim Sukses Gelar Upacara Yudisium Program S1
Foto : Dekan FKIP Universitas Almuslim, Drs. M. Taufiq, M.Pd saat mengukuhkan peserta yudisium

Detikacehnews.id | Bireuen - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim sukses menggelar kegiatan Upacara Yudisium Program Strata 1 (S1) di Aula MA Jangka, Selasa, (20/12/2022).

Hal ini sesuai pantauan awak media detikacehnews.id yang meliput langsung saat proses pengukuhan lulusan sarjana dalam lingkup FKIP Universitas Almuslim.

"Terhitung sejak saat ini, saya mengukuhkan mahasiswa-mahasiswi yang sudah menyelesaikan seluruh proses akademik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Sarjana Pendidikan jenjang Strata I," ucap Drs. M. Taufiq, M.Pd selaku Dekan FKIP Universitas Almuslim saat mengukuhkan peserta yudisium.

Dalam sambutannya, Drs. M. Taufiq menerangkan bahwa ini menjadi suasana baru bagi peserta yudisium yang bisa mengikuti kegiatan rangkaian prosesi Upacara Yudisium dengan lebih semarak dan penuh haru.

"Alhamdulillah, hari ini perdana prosesi yudisium FKIP Universitas Almuslim dapat berlangsung semarak dengan berbagai rangkaian persembahan hingga acara sakralnya yaitu penyematan selempang kelulusan oleh setiap Ketua Program Studi kepada mahasiswa," terangnya.

Drs. M. Taufiq yang saat ini juga tercatat sebagai mahasiswa S3 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berharap kepada mahasiswa FKIP yang hari ini resmi menyandang Sarjana Pendidikan untuk terus bisa berkhidmat dan membawa manfaat kepada masyarakat atas apa yang sudah dipelajari selama menjadi mahasiswa serta dapat menjaga nama baik almamater Universitas Almuslim.

"Harapanya, kepada seluruh mahasiswa kami yang hari sudah resmi menyandang gelar S.Pd agar dapat terus berkontribusi memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan terus jaga nama baik almamater Universitas Almuslim," harapnya.




Sementara itu, Ketua Pelaksana Bidang Akademik yang juga Wakil Dekan I FKIP Universitas Almuslim, Ibu Marnita, M.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa peserta upacara yudisium yang digelar diikuti oleh 79 lulusan yang terdiri dari setiap program studi di lingkup FKIP.

Ia menyebutkan prosesi Upacara Yudisium dilaksanakan sedikit berbeda dari sebelumnya dan ini perdana digelar secara meriah dengan menampilkan beberapa kegiatan hiburan seperti adanya tarian peumulia jamee di awal pembukaan dan ditutup dengan persembahan puisi dari mahasiswa PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim.

"Kali ini sedikit berbeda prosesi yudisiumnya dan mengahadirkan beberapa acara hiburan yang kita harapkan dapat memberikan kesan bagi mahasiswa yang hendak melepas statusnya sebagai mahasiswa disini," ujar Marnita.

Marnita menambahkan bahwa kegiatan yang paling sakral pada prosesi Upacara Yudisium ini adalah pengukuhan dari Dekan FKIP dan pembacaan SK secara resmi tentang Penetapan Yudisium Mahasiswa jenjang Strata 1 semester 2021/2022 dalam lingkup FKIP Universitas Almuslim.

Kemudian diikuti moment yang sangat haru yaitu penyematan selempang sarjana kepada setiap peserta yudisium oleh Ketua Program Studi masing-masing dalam lingkup FKIP seperti Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi PGSD, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Geografi, Prodi PG-PAUD, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Prodi Pendidikan Ekonomi.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan ucapan selamat dari setiap tamu undangan yang hadir kepada peserta yudisium.