Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Peringati Isra Mi'raj 1444 H, SMAN 3 Bireuen Gelar Yasinan dan Zikir Bersama

Jumat, 17 Februari 2023 | 15:01 WIB Last Updated 2023-02-17T08:01:27Z

Peringati Isra Mi'raj 1444 H, SMAN 3 Bireuen Gelar Yasinan dan Zikir Bersama
 Kegiatan Isra Mi'raj 1444 H di SMA Negeri 3 Bireuen

Detikacehnews.id | Bireuen - Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Mi'raj yang jatuh pada 27 Rajab 1444 H atau 18 Febuari 2023, SMA Negeri 3 Bireuen menggelar yasinan dan zikir bersama di halaman sekolah setempat, Jumat, (17/2/2023).

Hal ini sesuai pantauan awak media detikacehnews.id yang meliput langsung kegiatan tersebut.

Kegiatan yang diawali dengan shalat dhuha berjamaah itu berjalan dengan lancar dan sukses.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Negeri 3 Bireuen, Muhammad, S.Pd yang didampingi Pembina OSIS, Yusra, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengingatkan kembali keutamaan dan peristiwa penting pada Isra Mi'raj Nabi Muhammad Saw.

Guru dan siswa SMA Negeri 3 Bireuen saat melaksanakan shalat dhuha berjamaah yang dipimpin langsung oleh Bapak Bahagia Hadi


"Isra Mi'raj menjadi keutamaan yang sangat penting bagi kita semua, dimana Rasulullah Saw menerima langsung perintah melaksanakan ibadah shalat dari Allah Swt.," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan sebelumnya bersama pengurus OSIS dan guru disana. Menurutnya, peringatan Isra Mi'raj kali ini sangat meriah karena dirangkai dengan aneka lomba yang mengambil tema keagamaan.

Lomba yang digelar diantaranya kuis praktek shalat mayat lengkap dengan doanya, praktek shalat shubuh lengkap dengan qunutnya, praktek hafalan juz 30, praktek bacaan doa dalam kehidupan sehari-hari, praktek bacaan khutbah shalat jumat, dan tilawah Alquran.

Peserta yang yang berhasil menjawab kuis dengan benar diberikan hadiah berupa uang tunai. Selain itu, SMA Negeri 3 Bireuen juga memberikan penghargaan kepada siswa yang istiqamah shalat zuhur berjamaah di sekolah dan penghargaam kepada siswa yang berhasil memenangkan lomba pada PORA di Pidie tahun 2022.

Kepala SMA Negeri 3 Bireuen, Abdullah, S.Pd., M.M saat memberikan arahan


Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Bireuen, Abdullah,S.Pd., M.M dalam arahannya menyampaikan bahwa besar maknanya peringatan Isra Mi'raj bagi setiap muslim dimanapun berada. Untuk itu, ia dan warga sekolah berinisiatif menggelar peringatan ini sebagai bentuk mengingatkan kembali betapa pentingnya menjalankan ibadah shalat yang merupakan perintah Allah yang disampaikan langsung kepada Nabi Muhammad Saw tanpa perantara.

"Mari kita ambil hikmah terbesar dari peringatan Isra Mi'raj ini. Jangan pernah tinggalkan shalat dalam kondisi apapun," ucapnya.

Abdullah menambahkan bahwa banyak fadhilah atau keutamaan yang didapatkan dalam menjalankan shalat. Sebab shalat merupakan pondasi utama umat muslim dalam menjalani hidup di dunia ini. Shalat menjadi penghubung langsung antara makhluk dengan Rabb nya.

"Perbaiki shalatmu wahai anak-anak kami sekalian, niscaya Allah pasti akan memperbaiki hidupmu. Allah akan menunjukkan jalan terbaik ketika kita dekat denganNya," tutur Abdullah menasehati siswanya.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh siswa dan guru SMA Negeri 3 Bireuen serta ditutup dengan makan bersama di halaman sekolah setempat.