Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sukses Terbitkan 3 Buku Sekaligus, Mahasiswa PGSD Umuslim Serahkan Hasil Karyanya Secara Simbolis Kepada Prodi dan Dosen

Rabu, 08 Maret 2023 | 10:31 WIB Last Updated 2023-03-08T03:44:54Z

Sukses Terbitkan 3 Buku Sekaligus, Mahasiswa PGSD Umuslim Serahkan Hasil Karyanya Secara Simbolis Kepada Prodi dan Dosen
Foto bersama Prodi, dosen, dan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim usai penyerahan buku.

Detikacehnews.id | Bireuen - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Almuslim menyerahkan 3 buku hasil karyanya kepada Ketua Program Studi dan Dosen di Ruang Sidang FKIP pada Senin, 6 Maret 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi PGSD FKIP Universitas Almuslim, Asrul Karim, M.Pd saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Rabu, (8/3/2023).

"Alhamdulillah benar, mahasiswa kami sudah menyerahkan 3 buku hasil karyanya kepada kami pada Senin kemarin," ujar Asrul.

Asrul Karim menerangkan bahwa 3 buku yang ditulis oleh mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Menulis PGSD Almuslim tersebut berjudul "Diskusi 3 bocah, Dear Ramadhan, dan Sang Putra Kecil".

Foto : Ketua Prodi PGSD FKIP Universitas Almuslim, Asrul Karim, M.Pd (kanan) bersama Ketua Komunitas Menulis PGSD Almuslim, Ayu Muspika saat penyerahan buku secara simbolis.

Asrul mengaku sangat senang dan bangga atas capaian mahasiswanya yang sudah berhasil menerbitkan buku karyanya. Menurutnya, ini merupakan kegiatan positif dalam rangka mendukung program pemerintah khususnya di bidang pendidikan yaitu pengembangan literasi bagi mahasiswa.

"Tentu kami sangat senang dan bangga atas capaian ini. Sebab mereka telah mendukung kegiatan positif berupa pengembangan literasi dan bisa berbagi tulisan yang bermanfaat," tuturnya.

Foto : Fachrurrazi, M.Pd bersama mahasiswa PGSD Almuslim saat penyerahan buku.

Sementara itu, Pembina Kelas Literasi Fachrurrazi, M.Pd didampingi Nurlaili, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan penyerahan buku ini dilaksanakan mengingat sudah ada tiga buku yang di tulis oleh mahasiswa PGSD Almuslim dalam waktu satu semester ini. Kegiatan menulis sudah dilakukan oleh mahasiswa PGSD sejak tahun lalu, mengingat pentingnya literasi bagi seluruh masyarakat.

Lanjutnya, buku Diskusi 3 Bocah dan buku Sang Pangeran Kecil sengaja di tulis oleh mahasiswa PGSD bersama dengan satu dosen yang bertanggung jawab pada komunitas ini, sebab minimnya buku bacaan anak yang dapat di baca oleh anak sekolah dasar dan kurangnya referensi bacaan ibu-ibu di luar sana untuk mendongeng kepada buah hati mereka.

"Sudah setahun lalu kegiatan menulis ini dimulai dan alhamdulillah tahun ini sudah terbit. Kita harapkan dapat menjadi referensi bagi pembaca diluar sana sebagai bahan dongeng yang bermanfaat," ujar Fachrurrazi.

Tambahnya, buku Dear Ramadhan di tulis untuk menceritakan kepada khalayak ramai tentang ramadhan yang selalu di nanti membawa cahaya suci dari sang ilahi. Bulan yang dimana semua insan bersimpuh dan memohon ampun dari segala dosa yang telah dilalui.

Semoga melalui buku Dear Ramadhan ini diharapkan menjadi sebuah pelajaran di kemudian hari, bahwa tidak selamanya hidup akan berjalan sebagaimana keinginan hati. Karena orang yang paling terlihat sangat bahagia sekali, menyimpan duka yang begitu menyayat hati.

Fachrurrazi yang juga tercatat mahasiswa S3 di UNIMED ini mengatakan bahwa mahasiswa PGSD juga sedang menulis buku selanjutnya dengan tema "Budaya Aceh".

Buku yang bertemakan budaya Aceh sengaja di tulis oleh mahasiswa PGSD yang ikut kelas literasi mengingat sedikitnya buku tentang budaya Aceh.

"Orang dari luar daerah sering salah menilai orang Aceh. Oleh karena itu, kami berencana memperkenalkan budaya Aceh melalui aksara sehingga dapat di kenang sepanjang masa, seperti indahnya tempat wisata Aceh sehingga dapat di jadikan destinasi berlibur. Kemudian karakter orang Aceh yang tegas dan ramah, Budaya pernikahan dan kematian di Aceh yang sangat kental akan Syariat Islam, serta di buku ini akan membahas pahlawan-pahlawan Aceh yang begitu hebat dan masih belum banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia," terangnya.

Harapannya, semoga masyarakat dari luar Aceh dapat mengetahui bahwa Aceh adalah Provinsi yang begitu indah, dengan aturan Islam yang sangat kental serta budaya Aceh yang belum diketahui oleh masyarakat Indonesia, dapat dikenal melalui buku ini.

"Kita tunggu saja jadwal rilis buku selanjutnya dari mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim ya," ucap Fachrurrazi dengan senyum.

Adapun yang hadir dalam penyerahan buku tersebut diantaranya Nurlaili, M.Pd, Asrul Karim, M.Pd, Fachrurrazi, M.Pd, Ayu Muspika, Noval Andriani, Zuhratun Safara, Zikra Hayati, Asy syifa, Raihan Andiani, dan Fadhila Safitri.