Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Civitas Akademika UNIKI Sukses Gelar Buka Puasa Bersama

Minggu, 02 April 2023 | 17:28 WIB Last Updated 2023-04-02T10:28:02Z

Civitas Akademika UNIKI Sukses Gelar Buka Puasa Bersama
Foto : Keluarga Besar UNIKI Bireuen gelar buka puasa bersama

Detikacehnews.id | Bireuen - Civitas Akademika Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen sukses menggelar kegiatan Buka Puasa Bersama di Lobi Rusunawa kampus setempat pada Sabtu, 1 April 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Kamaruddin, M.M selaku Ketua Panitia kegiatan dan juga Koordinator Tim Dapur saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Minggu, (2/4/2023).

"Alhamdulillah benar, kegiatan berbuka puasa bersama Keluarga Besar UNIKI kemarin berjalan dengan lancar," ujarnya.

Kamaruddin menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh keluarga besar UNIKI yang terdiri dari unsur pimpinan, karyawan dan dosen bersama keluarganya.

Kegiatan yang sudah dipersiapkan sejak pagi tersebut berjalan dengan sukses dan lancar. Menurutnya, kegiatan ini juga sekaligus sebagai acara pembubaran Panitia Wisuda Sarjana dan Magister UNIKI yang telah dilaksanakan pada bulan lalu.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan kegiatan ini juga tentunya sebagai acara pembubaran Panitia Wisuda Sarjana dan Magister UNIKI yang telah dilaksanakan pada bulan lalu," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. H. Amiruddin Idris, S.E., M.Si yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu kegiatan silaturahim keluarga besar UNIKI yang digelar setiap tahunnya di bulan yang berkah. Menurutnya, karena berbagai kesibukan setiap civitas akademika di UNIKI tidak dapat digelar pertemuan khusus yang seperti ini dihari-hari yang lain. Namun di bulan Ramadhan ini dapat kembali berkumpul dalam bingkai kebersamaan.

"Moment kebersamaan hari ini kita harapkan dapat saling menyapa dan mengenal lebih dekat sehingga kekompakan dan sinergitas dapat terus ditingkatkan," ujar Amiruddin.

Amiruddin menyebutkan selama bulan puasa, perkuliahan di UNIKI diliburkan. Alasannya, agar semua fokus melaksanakan ibadah puasa dan menyelesaikan tugas-tugas yang mungkin selama ini tertinggal.

Lebih lanjut, Amiruddin Idris yang juga Anggota DPRA Fraksi PPP mengatakan bahwa UNIKI adalah milik bersama Bapak dan Ibu seluruh unsur pimpinan, karyawan dan dosen. Untuk itu, mari tingkatkan rasa memiliki sehingga UNIKI dapat bersanding dengan Perguruan Tinggi lain yang telah berkembang. Salah satu hal yang sangat perlu dipacu adalah peningkatan nilai akreditasi dari "Baik Sekali" menjadi "Unggul".

"Semoga dengan adanya acara ini, kita harapkan silaturrahmi dan kekompakan antar seluruh civitas akademika UNIKI semakin meningkat diiringi pula rasa mencintai dan dapat bekerjasama untuk memajukan UNIKI," tuturnya.

Kegiatan dirangkai dengan tausiah singkat sebelum berbuka puasa yang disampaikan oleh Ustad Jamaluddin, M.Kom. I, dengan tema "Ada empat golongan manusia yang dirindukan surga” yakni orang yang gemar membaca, memahami Alquran, serta mengajarkan Al Qur'an. Dalam hidupnya pun sesuai dengan tuntunan Alquran sehingga Alquran tidak hanya sekedar bacaan, namun menjadi petunjuk dalam hidup sebab diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudian, ustad Jamaluddin juga menjelaskan golongan keempat orang yang dirindukan surga yaitu "Hafidzil Lisan" yakni orang yang dapat menjaga ucapannya. Jangan sampai, ucapan atau perkataan dapat menyakiti hati orang lain. Sebab orang yang dapat menjaga lisannya merupakan orang yang selamat dan kelak akan dapat masuk surgaNya.