Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SIT Azkiya Gelar Iftar Jama'i dan Berbagi Parcel untuk Yatim Piatu

Minggu, 09 April 2023 | 12:09 WIB Last Updated 2023-04-09T05:09:55Z

SIT Azkiya Gelar Iftar Jama'i dan Berbagi Parcel untuk Yatim Piatu


Detikacehnews.id | Bireuen - Sekolah Islam Terpadu (SIT) Azkiya kolaborasi dengan Yayasan Ar-Risalah Aceh menggelar kegiatan Iftar Jama'i dan berbagi parcel untuk anak yatim piatu di Kompleks sekolah setempat, Sabtu, 8 April 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala SMP IT Azkiya, Ratna Chairani Ulfa, S.Pd saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Minggu, (9/4/2023).

"Alhamdulillah, SIT Azkiya yang tergabung diantaranya SD IT Azkiya dan SMP IT berkolaborasi dengan Yayasan Ar-Risalah Aceh kemarin sudah menggelar kegiatan Iftar Jama'i dan berbagi parcel untuk anak yatim piatu," ujarnya.

Ratna Chairani Ulfa mengatakan Iftar Jama'i merupakan salah satu kegiatan dari beberapa kegiatan lainnya untuk menyemarakkan Ramadhan tahun ini yang diselenggarakan oleh SDIT dan SMPIT Azkiya untuk para siswa.

"Alhamdulillah, Ramadhan tahun ini kita punya program SeRaBi (Sekolah Ramadhan Ceria) yang di dalamnya ada beragam program yang kami peruntukkan untuk siswa, seperti Daurah Ramadhan, celengan ramadhan, dan beragam lainnya termasuk Iftar Jama'i dan berbagi parcel dengan yatim dan kaum dhuafa," jelasnya.

Menurutnya, Iftar Jama'i yang digelar pihaknya ikut dihadiri oleh para orang tua siswa, alumni SDIT dan SMPIT Azkiya, tamu undangan dari berbagai kalangan, politisi, tokoh muda dan tokoh pendidikan, termasuk tamu undangan dari kalangan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

"Sembari menunggu berbuka dan disiapkan sajian, panitia mengisi Iftar Jama'i dengan berbagai kegiatan seperti story telling tentang Mukjizat Nabi, pemutaran video daurah siswa, pembagian santunan, apresiasi kepada siswa yang mampu menghafal Alquran dalam kategori tertentu," pungkasnya.




Sementara itu, Kepala SD IT Azkiya, Wildanum, S.Pd yang dikonfirmasi mengatakan, Iftar Jama'i yang digelar pihaknya mengangkat tema "Raih Keberkahan Silaturrahmi dengan Berbagi di Bulan Suci" yang didalamnya diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan untuk siswa.

"Alhamdulillah, ini adalah Iftar Jama'i perdana gabungan antara SDIT dan SMPIT yang kami gelar dengan menghadirkan lebih kurang 1500 tamu undangan dan para orang tua siswa. Selain berbuka bersama, kami juga berbagi parcel dengan yatim dan dhuafa sumbangan dari orang tua siswa," jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini sukses terlaksana dengan baik karena para siswa baik SMPIT maupun SDIT dari kelas tinggi saling membantu menyukseskan kegiatan, mulai dari mempersiapkan tempat sampai menyajikan hidangan berbuka untuk para tamu undangan.

Ketua Yayasan Ar Risalah Aceh, Ustad T. Akmal, ST dalam sambutannya mengatakan Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, bulan terbaik dari seribu bulan dan Ramadhan adalah bulannya Alquran sehingga ia berpesan agar para siswa senantiasa mendekatkan diri dengan Alquran dan juga mengamalkannya.

Lebih lanjut, Ustad T Akmal yang akrab disapa Abi Akmal berpesan agar selalu menjaga shalat, bukan saja dalam bulan Ramadhan tapi di bulan-bulan yang lain seumur hidup karena shalat merupakan bukti kecintaan ummat manusia kepada Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat-Nya yang tak terhingga.

"Shalat adalah kewajiban kita dan termasuk dalam rukun islam, sama seperti puasa Ramadhan. Dan shalat juga bentuk kecintaan dan dapat mendekatkan kita kepada Allah, Sang Maha Pencipta. Jangan pernah tinggalkan shalat, kapan pun dimana pun karena shalat akan memberikan keberkahan pada kita," pesan Abi Akmal.

Diketahui bahwa sehari sebelumnya, TK IT Azkiya juga menggelar kegiatan serupa yang diselenggarakan di sekolah TK IT Azkiya pada Jum'at, 7 April 2023. Kegiatan ini sendiri mengangkat tema "Indahnya Kebersamaan di Bulan Ramadhan".

Kegiatan Iftar Jama'i di TK IT Azkiya dihadiri oleh ratusan tamu undangan dan orang tua siswa. Kegiatan ini turut diisi dengan story telling tentang kelebihan bersedekah dan juga berbagi parcel dengan yatim dan dhuafa yang merupakan hasil sumbangan para orang tua siswa.