Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Selamat! Universitas Almuslim Masuk 10 Besar Kategori I P3D Tahun 2023

Jumat, 08 Desember 2023 | 12:12 WIB Last Updated 2023-12-08T05:12:49Z

Selamat! Universitas Almuslim Masuk 10 Besar Kategori I P3D Tahun 2023
Foto : Fachrurazi, M.Pd., selaku Ketua Tim P3D Kategori I Universitas Almuslim saat menyampaikan Best Practice dari kegiatan P3D di Bekasi.

Detikacehnews.id | Bekasi - Universitas Almuslim masuk 10 besar Kategori I Pengembangan dan Penyelenggaran Pembelajaran Digital (P3D) Tahun 2023 dalam kegiatan seminar hasil program bantuan P3D yang dilaksanakan pada 6 s.d 8 Desember 2023 di Avenzel Hotel and Convention Cibubur Bekasi.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Tim P3D Universitas Almuslim, Fachrurazi, M.Pd saat dikonfimarsi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Jumat, (8/12/2023).

"Alhamdulillah benar, Universitas Almuslim masuk 10 besar Kategori I Pengembangan dan Penyelenggaran Pembelajaran Digital (P3D) Tahun 2023 sebagaimana yang terlampir dalam surat yang dikirimkan oleh Direktur Belmawa Ristekdikti," ujarnya.

Fachrurazi menjelaskan bahwa Universitas Almuslim masuk dalam 10 besar kelompok yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan Best Practice dari kegiatan P3D Kategori I yang telah dikembangkan sejak Juli 2023.





Sebagaimana diketahui berdasarkan surat Nomor 3423/E2/DT.00.02/2023 tentang Pengumuman Penerima Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital Tahun 2023 yang diumumkan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah ditetapkan sebanyak 27 Perguruan Tinggi penerima P3D Kategori 1 dan 64 Perguruan Tinggi Kategori 2.

"Alhamdulillah Universitas Almuslim mendapat Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital pada kategori 1 yang diketuai oleh Fachrurazi, M.Pd (Dosen Prodi PGSD), dan kategori 2 yang diketuai oleh Misnar, MA (Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris)," tuturnya.

Adapun kelompok P3D Kategori I dari Universitas Almuslim, diantaranya Fachrurazi, M.Pd (Ketua Tim), Asrul Karim, M.Pd (Anggota 1), dan M. Rezeki Muamar, M.Ed (Anggota 2).

Setelah dilaksanakan kegiatan pengembangan dan pelaksanaan modul digital yang sudah berlangsung selama kurang lebih 5 bulan dengan penekanan bahwa untuk kategori 1 selain mengembangkan modul digital melalui website spada Indonesia dan diwajibkan juga untuk menyelenggarakan dengan minimal 1 mitra diluar perguruan tinggi pengembang. Untuk kategori 2 luaran wajib hanya mengembangkan modul melalui SPADA namun akan lebih baik jika dapat menyelenggarakan perkuliahan baik dengan mitra dalam perguruan tinggi maupun dengan PT mitra.

Dalam kegiatan diseminasi, Ketua Tim kegiatan P3D Kategori 1 Universitas Almuslim, Fachrurazi Memaparkan modul digital yang sudah dikembangkan pada mata kuliah Pemecahan Masalah Matematika SD. Pemaparan yang disampaikan oleh Fachrurazi terkait sistematika modul yang sudah diunggah di Spada, learning object materials (LOM) yang sudah dihasilkan berupa 1 buku ajar, 14 video presentasi, 14 whiteboard animation, serta proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan menggunakan modul tersebut dengan mitra dari Prodi PGSD Universitas Iskandar Muda (UNIDA) yang berjumlah 25 mahasiswa dan melibatkan dosen pengampu dari mitra yaitu Elly Rizki Diandita, M.Pd.


"Alhamdulillah kegiatan P3D Kategori 1 yang telah di laksanakan oleh tim di apresiasi oleh pihak Belmawa dan peserta yang hadir lebih kurang 100 peserta perwakilan yang didanai dari 91 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia," ungkapnya dengan senang.

"Terima kasih kami ucapkan kepada pihak Belmawa yang telah mendanai kegiatan P3D ini dan kepada Rektor Universitas Almuslim serta seluruh Civitas Akademika yang telah membantu untuk kesuksesan tim dalam melaksanakan kegiatan P3D Kategori 1 Tahun 2023. Terima kasih juga kami ucapkan kepada PT Mitra Universitas Iskandar Muda (UNIDA) khususnya kepada prodi PGSD yang telah menggunakan modul digital yang telah kami kembangkan melalui Spada Indonesia. Modul yang telah kami kembangkan tersebut juga akan kami buka kesempatan bagi PT lainnya untuk dapat menggunakan dalam proses perkuliahan. Semoga di tahun depan dapat berpartisipasi kembali dalam kegiatan serupa dan dapat menjadi lebih baik dari tahun ini," tutup Fachrurazi yang saat ini tercata sebagai mahasiswa S3 di Universitas Negeri Medan.