Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

FKUB Bireuen Gelar Sosialisasi Peran Tokoh Lintas Agama Menuju Sukses Pilkada Serentak 2024

Selasa, 25 Juni 2024 | 13:32 WIB Last Updated 2024-06-25T06:32:09Z

Foto kegiatan sosialisasi peran tokoh lintas agama dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024 di Ruang Meeting, Wisma Bireuen Jaya



Detikacehnews.id | Bireuen - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bireuen menggelar sosialisasi peran tokoh lintas agama dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024, Selasa, (25/6/2024).


Ketua FKUB Bireuen, Dr. Tgk. Zubaili, S.Pd.I., MA, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Kementrian Agama Kabupaten Bireuen di Ruang Meeting Wisma Bireuen Jaya ini dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai tokoh agama, pejabat pemerintah daerah, tokoh muda, anggota FKUB, serta perwakilan masyarakat.


Ia juga menambahkan tujuan dari kegiatan ini dilakukan agar terciptanya persamaan persepsi antar umat beragama dalam mewujudkan pilkada yang aman, damai dalam hal pemberdayaan keberagaman.


Sementara itu, Plh Kakanmenag Kabupaten Bireuen, Tgk. Iskandar, S.H.I yang membuka acara secara resmi dalam sambutannya menekankan pentingnya peran tokoh agama dalam menjaga kerukunan dan stabilitas sosial selama proses Pilkada. "Tokoh agama memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini dan sikap masyarakat. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh tokoh agama untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana damai dan kondusif selama Pilkada Serentak 2024," ujarnya.


Acara sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari KIP Bireuen, unsur akademisi, dan Kemenag Bireuen yang memberikan penjelasan tentang tahapan Pilkada dan peran strategis tokoh agama dalam mengawasi proses demokrasi tersebut. Dalam paparannya, perwakilan KIP Bireuen menyampaikan bahwa partisipasi aktif semua elemen masyarakat, terutama tokoh agama, sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya konflik dan menjaga integritas pemilu.


Peserta sosialisasi menunjukkan antusiasme tinggi dalam sesi tanya jawab, di mana berbagai isu dan tantangan terkait Pilkada dibahas secara mendalam. Salah satu peserta, mengungkapkan bahwa keterlibatan tokoh agama dapat membantu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan hak pilih secara bijaksana dan bertanggung jawab.


Melalui kegiatan ini, FKUB Bireuen berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif tokoh lintas agama dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2024, sekaligus memperkuat kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Bireuen.


"Kami optimis dengan dukungan semua pihak, Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai," pungkas Tgk. Zubaili.