Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan Hari Arafah

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22:52 WIB Last Updated 2024-06-15T16:04:15Z

Keutamaan dan Amalan yang Dianjurkan Hari Arafah

 

Detikacehnews.id | Artikel - Hari Arafah adalah salah satu hari yang sangat mulia dalam kalender Islam, jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah, sehari sebelum Idul Adha. Pada hari ini, jutaan umat Muslim yang melaksanakan ibadah haji berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf, yang merupakan puncak dari rangkaian ibadah haji. Bagi umat Muslim yang tidak melaksanakan haji, hari Arafah juga memiliki keutamaan dan amalan khusus yang sangat dianjurkan. Berikut adalah beberapa keutamaan dan amalan yang dianjurkan pada hari Arafah:


Keutamaan Hari Arafah
  1. Hari Pengampunan Dosa: Hari Arafah dikenal sebagai hari pengampunan dosa. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan lebih banyak hamba-Nya dari api neraka selain Hari Arafah" (HR. Muslim).
  2. Hari Doa yang Mustajab: Pada hari Arafah, doa-doa sangat mustajab. Rasulullah Saw bersabda, "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah" (HR. Tirmidzi).
  3. Puasa Hari Arafah: Puasa pada hari Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa. Rasulullah SAW bersabda, "Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang" (HR. Muslim).

Amalan yang Dianjurkan pada Hari Arafah

  1. Puasa Arafah: Puasa pada hari Arafah sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan haji. Puasa ini dapat menghapus dosa-dosa selama dua tahun, yaitu setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.
  2. Memperbanyak Doa: Memperbanyak doa pada hari Arafah sangat dianjurkan karena doa pada hari ini sangat mustajab. Doa yang dianjurkan di antaranya adalah Doa memohon ampunan dan rahmat Allah, Doa memohon keselamatan dan kebaikan dunia akhirat, dan doa memohon keberkahan dalam hidup dan rezeki.
  3. Bertakbir, Bertahlil, dan Bertahmid: Bertakbir (mengucapkan Allahu Akbar), bertahlil (mengucapkan La ilaha illallah), dan bertahmid (mengucapkan Alhamdulillah) sangat dianjurkan pada hari Arafah. Ini adalah bentuk dzikir yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak pujian kepada Allah.
  4. Bersedekah: Bersedekah pada hari Arafah merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Memberikan sebagian harta kepada mereka yang membutuhkan dapat mendatangkan keberkahan dan pahala yang berlipat ganda.
  5. Membaca Al-Qur'an: Membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an pada hari Arafah juga dianjurkan. Mengisi hari dengan membaca Al-Qur'an akan menambah keberkahan dan mendekatkan diri kepada Allah.
  6. Memperbanyak Istighfar: Memperbanyak istighfar (memohon ampun kepada Allah) adalah amalan yang sangat baik dilakukan pada hari Arafah. Memohon ampunan dari segala dosa dan kesalahan yang telah diperbuat akan mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah.

Hari Arafah adalah hari yang penuh dengan keberkahan dan rahmat Allah. Keutamaan yang dimiliki oleh hari ini seharusnya menjadi motivasi bagi setiap Muslim untuk meningkatkan ibadah dan amalan shalih. Dengan menjalankan puasa, memperbanyak doa, dzikir, sedekah, membaca Al-Qur'an, dan istighfar, kita dapat meraih pahala yang besar serta mendekatkan diri kepada Allah. Mari manfaatkan hari Arafah dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ampunan dan ridha Allah Swt.