Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hadirkan Senator Fachrul Razi, HIMAP FISIP Umuslim Gelar Public Lecture

Kamis, 22 September 2022 | 21:12 WIB Last Updated 2022-09-22T14:12:24Z

Hadirkan Senator Fachrul Razi, HIMAP FISIP Umuslim Gelar Public Lecture


Detikacehnews.id | Bireuen – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim atau yang lebih di kenal dengan Himap Fisip Umuslim kembali menggelar kegiatan kepemudaan. Pada kegiatan kali ini, turut mengundang salah satu putra terbaik Aceh yang saat ini menjabat sebagai ketua Komite I DPD RI H. Fachrul Razi SIP, MIP untuk mengisi kegiatan Public Lecture di salah satu kampus kebanggaan masyarakat Bireuen tersebut.

Kegiatan dengan tema "Dampak Politik Dari Kenaikan Harga BBM: Apakah Rakyat Dapat Berlindung dibawah Payung Negara?" tersebut, dilaksanakan secara daring via zoom meeting, Selasa (20/9/2022).

Ketua Himap Fisip Umuslim Hajina Putri mengatakan kegiatan Public Lecture ini mendapat apresiasi dari Wakil Rektor II Umuslim, Bapak Sonny M Ikhsan Mangkuwinata, SE, MSi, Ia mengapresiasi kegiatan positif yang diselenggarakan oleh Himap Fisip Umuslim. Menurutnya, ini salah satu bentuk kemajuan yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa di ruang lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim. "Menurut kami ini perlu kita ketahui bersama, masalah kenaikan harga BBM merupakan masalah serius, hal ini akan berdampak pada semua sektor khususnya masalah ekonomi masyarakat kelas menengah bawah, kegiatan Ini adalah bagian daripada cara membangun kepekaan mahasiswa terhadap Iisu-isu publik yang saat ini", Ujarnya.

Sementara itu, Fachrul Razi, SIP, MIP Topik dalam penyampaian materinya juga mengomentari kondisi politik pemerintah indonesia yang yang semakin kehilangan kepercayaan dari masyarakat yang disebabkan banyak nya kebijakan yang tidak sesuai harapan rakyat. "Politik Indonesia saat ini memang sedang tidak dapat diharapakan banyak kebijakan publik yang kurang bahkan tidak strategis dalam pengambilannya, banyak kebijakan yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat saat ini dan ini sangat berbahaya bagi sebuah negara jika pemerintah kehilangan kepercayaan dari rakyat nya, kenaikan BBM juga di pengaruhi oleh perspektif politik tersendiri", ujarnya.

Pria kelahiran langsa ini juga menambahkan pernyataan bahwa kondisi ini juga tidak lepas dari kondisi politik empat kekuatan ekonomi besar dunia saat ini China, Rusia dan Amerika, dan Uni Eropa. "Kondisi Indonesia saat ini juga tidak lepas dari kondisi geopolitik dunia saat ini yaitu China, Rusia, dan Amerika, serta Uni Eropa. Indonesia saat ini terjebak diantara empat kekuatan politik tersebut sehingga ini berpengaruh juga bagi kondisi di Indonesia." Tambahanya.

Ketua Panitia Muhajir mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh unsur yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa terlaksana dari pihak Dekanat Fisip Umuslim, BEM Fisip Umuslim, dan lainnya. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berkala. Kami terus mangajak agar mahasiswa juga terlibat dalam kajian strategis isu publik seperti ini, serta membantu pemerintah dalam pelaksanaan program yang di gagaskan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat.

Mahasiswa dan pemuda perlu terus melaksanakan kegiatan serupa dan kegiatan positif lainnya, peran pemuda dan mahasiswa sangat penting dalam membantu pemerintah untuk mensukseskan berbagai macam program yang di siapkan untuk kemakmuran masyarakat, hal ini juga bagian dari implementasi dari embel-embel mahasiswa yang sudah melekat, mahasiswa merupakan agen perubahan atau Agent of Chage.