Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Guru Besar Universitas Indonesia Jadi Reviewer Kurikulum di FKOM UNIKI

Rabu, 12 Oktober 2022 | 21:43 WIB Last Updated 2022-10-12T14:43:23Z

Guru Besar Universitas Indonesia Jadi Reviewer Kurikulum di FKOM UNIKI



Detikacehnews.id | Bireuen - Guru Besar Universitas Indonesia (UI), Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D menjadi Reviewer Kurikulum di Fakultas Komputer dan Multimedia (FKOM) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI), Rabu, (12/10/2022).

Hal itu dibenarkan oleh Rektor UNIKI Prof. Apridar, SE. M.Si., saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp.

"Alhamdulillah hari ini Guru Besar dari UI menjadi Reviewer Kurikulum di FKOM UNIKI," ujarnya.

Prof. Apridar mengatakan dalam sambutannya bahwa segala rekomendasi yang diberikan oleh reviewer Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D., maka FKOM UNIKI berkomitmen untuk mengaplikasikan dalam perubahan kurikulum yang terupdate dengan ilmu pengetahuan teknologi society 5.0.

"Kita harapkan, FKOM UNIKI dapat menjadi pioner produk-produk Inovasi terdepan yang berkontribusi terhadap masyarakat khusunya Bireuen," ungkapnya.




Tidak hanya itu, FKOM juga mengundang pihak industri dan stakeholder (pengguna lulusan) untuk berkontribusi secara langsung dalam revisi kurikulum yang akan diberlakukan di kedua prodi tersebut periode 2022 - 2027.

Ia menambahkan bahwa Prof. Zainal A. Hasibuan juga merupakan seorang penasehat Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM). Dan hari ini, Prof. Zainal A. Hasibuan telah mereview dua kurikulum Program Studi yaitu Informatika (S1) dan D3 Sistem Informasi.

Dalam pelaksanaannya, revisi kurikulum disesuaikan dengan Outcome Based Education (OBE), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan kompetensi lulusan FKOM. Sehingga, para lulusan dapat bekerja sesuai dengan profesi bidang Infokom.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini, ia berharap FKOM UNIKI dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta meningkatkan produk inovasi mahasiswa dan dosen berbasis Dunia industri dan Usaha (DUDI).

"Tentu ini kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta inovasi lainnya," ungkap Prof. Apridar.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Rektor I Bidang Pengajaran (Dr. Zainuddin Iba, SE), Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi S1 Informatika, Ketua Prodi D3 Sistem Informasi, Ketua Badan Penjaminan Mutu (BPM), Ketua Sistem Penjaminan Mutu (SPMI), alumni, mahasiswa, dan dosen.