Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Persiapkan Program Pertukaran Mahasiswa ke Luar Negeri, PGSD Umuslim Rutin Gelar Kelas Bahasa Jepang

Kamis, 23 November 2023 | 19:15 WIB Last Updated 2023-11-23T12:39:11Z

Persiapkan Program Pertukaran Mahaiswa ke Luar Negeri, PGSD Umuslim Rutin Gelar Kelas Bahasa Jepang
 Foto mahasiswa PGSD FKIP Universitas Almuslim bersama mahasiswa Jepang usai mengikuti kegiatan Kelas Bahasa Jepang.


Detikacehnews.id | Bireuen - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Almuslim rutin gelar kegiatan ekstrakurikuler berupa Kelas Bahasa Jepang untuk mahasiswa.


Hal itu dikatakan oleh Ketua Prodi PGSD FKIP Universitas Almuslim, Asrul Karim, M.Pd saat diwawancarai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Kamis, (23/11/2023).


"Benar, Prodi kami rutin menggelar Kelas Bahasa Jepang untuk meningkatkan kemampuan bahasa sehingga dapat mempersiapkan mereka mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri," ujarnya.


Asrul Karim menerangkan bahwa Kelas Bahasa Jepang merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 10.00 WIB di Kampus Timur Universitas Almuslim. Kelas ini dibuat khusus untuk mahasiswa PGSD sebagai sarana peningkatan bahasa asing, khususnya Bahasa Jepang.


Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai pendukung untuk mempersiapkan mahasiswa PGSD mengikuti program pertukaran belajar di tingkat Internasional yaitu Jepang.


"Sebelumnya, sudah ada beberapa orang dari mahasiswa kami yang mengikuti pertukaran belajar di Jepang. Dan hari ini pun, kami berdayakan mereka yang sudah berpengalaman di Jepang untuk berbagi ilmu kepada mahasiswa lainnya di PGSD," ungkap Asrul Karim.


Sementara itu, koordinator kegiatan sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa PGSD Periode 2023, Fakhrurrozi mengatakan bahwa pemateri pada Kelas Bahasa Jepang ini ialah Qurratul Ayyun. Ia salah satu mahasiswa PGSD yang pernah ikut pertukaran belajar di Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang. Materi yang diberikan meliputi Huruf Hiragana dan Katakana, kosa kata dasar Bahasa Jepang dan Kanji.


Menurutnya, hal tersebut merupakan materi dasar yang harus di kuasai mahasiswa sebelum melanjutkan ke materi yang lebih tinggi.


"Kelas baru dibuka pada 20 Oktober 2023. Ada sekitar 20 mahasiswa yang bergabung dalam kelas tersebut. Kelas ini juga diisi oleh dua mahasiswi dari Jepang, yaitu Akane Ikedzu (あかね いけづ ) dan Hikari Kitamura (きたむら ひかり) dari Nagoya Gakuin University (NGU), Jepang yang sedang mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Almuslim," tutur Fakhrurrozi.