Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tampilkan 182 Tari Kreasi, Mahasiswa PGSD Umuslim Sukses Gelar Pekan Kebudayaan ke-2

Kamis, 11 Januari 2024 | 19:40 WIB Last Updated 2024-01-11T12:40:28Z

Tampilkan 182 Tari Kreasi, Mahasiswa PGSD Umuslim Sukses Gelar Pekan Kebudayaan ke-2

 

Detikacehnews.id | Bireuen - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim sukses menggelar Pekan Kebudayaan PGSD FKIP Universitas Almuslim yang ke-2 di Aula Creatif Center Gedung MA Jangka, 3-4 Januari 2024.

Kegiatan yang mengambil tema "Membangun Pendidikan Aceh dengan Nilai Kearifan Lokal" berjalan sukses dan lancar.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Almuslim, Dr. Drh. Zulfikar, M.Si., ini dilaksanakan untuk memenuhi mata kuliah dan nilai final pendidikan seni tari serta drama yang diasuh oleh Novysa Basri, M.Pd.

Ketua Panitia Pekan Kebudayaan PGSD FKIP Universitas Almuslim, Ahmad Ridha Firnanda mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa PGSD dalam bidang seni tari. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal Aceh khususnya kepada siswa SD dalam pembelajaran nanti.

Sementara itu, Ketua Program Studi PGSD FKIP Universitas Almuslim, Asrul Karim, M.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia dan peserta atas terselenggaranya acara yang sukses ini.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, baik dari segi peserta maupun penyelenggaraannya. Saya sangat mengapresiasi panitia dan peserta atas kerja kerasnya dalam menyukseskan acara ini," ucapnya.




Ia juga berharap agar acara ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang, sehingga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa PGSD untuk mengembangkan potensinya di bidang seni dan budaya.

Selain mendapatkan apresiasi dari Kaprodi, acara ini juga mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir untuk menyaksikan acara.

"Acara ini sangat menarik. Saya sangat senang dapat menyaksikan acara ini," kata salah satu penonton.

Pekan Kebudayaan PGSD FKIP Universitas Almuslim ini dibuka dengan penampilan Ranup Lampuan dari kelas Seni PGSD. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Wakil Rektor III Universitas Almuslim, Dr. Drh. Zulfikar, M.Si., dan kata sambutan dari Ketua Program Studi PGSD Universitas Almuslim, Asrul Karim, M.Pd

Acara pekan kebudayaan ini juga dihadiri oleh dosen Universitas Almuslim, mahasiswa Universitas Almuslim, dan masyarakat umum.

Lomba tari kreasi yang diikuti oleh 182 peserta yang dibagi menjadi 29 kelompok ini mendapat antusiasme yang tinggi dari penonton. Setiap kelompok terdiri dari 5-7 orang. Suasana aula bergemuruh saat setiap kelompok tampil menawan diatas panggung dengan berbagai kreativitasnya.

Puncak acara Pekan Kebudayaan PGSD FKIP Universitas Almuslim ini adalah pengumuman pemenang lomba tari kreasi. Pengumuman pemenang lomba tari kreasi ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari penonton.

Juara pertama Lomba tari kreasi berhasil diraih oleh kelompok 2 unit F dengan judul tari "Gigeh" Aksi menawan diatas panggung,kelompok ini berhasil membuat penonton heboh dan terpesona,dilanjutkan juara kedua diraih oleh kelompok 4 unit A dengan judul tari "Peu But But Yang Meuhase dan juara ketiga diraih oleh kelompok 3 unit H dengan judul tari "Cicem Pala Kineng".Ketiga pemenang ini berhak mendapatkan piala dan sertifikat penghargaan, Selain itu, ada juga juara harapan dan nominasi nominasi terfavorit.

Lomba tari kreasi ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari dosen PGSD Universitas Almuslim dan praktisi seni tari. Dewan juri menilai berdasarkan aspek kreativitas, koreografi, musikalitas, dan penampilan.