Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Disambut Antusias, Mahasiswa KKM Umuslim Adakan Sosialisasi dan Edukasi Cara Menggosok Gigi yang Benar di SD Negeri 1 Bies

Selasa, 27 Februari 2024 | 13:51 WIB Last Updated 2024-02-27T06:52:12Z

Disambut Antusias, Mahasiswa KKM Umuslim Adakan Sosialisasi dan Edukasi Cara Menggosok Gigi yang Benar di SD Negeri 1 Bies
Foto Mahasiswa KKM Universitas Almuslim, Kepala, guru, dan anak-anak di SD Negeri 1 Bies usai menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi cara menggosok gigi



Detikacehnews.id | Aceh Tengah - Mahasiswa KKM Angkatan XXIV Universitas Almuslim, Peusangan, Bireuen mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi cara menggosok gigi yang baik dan benar di SD Negeri 1 Bies pada Sabtu, 3 Febuari 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Kampung Simpang Uning Niken, Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah tersebut berlangsung sukses dan disambut antusias oleh Kepala, guru, dan anak-anak disana.

Suryadi selaku Ketua Kelompok mahasiswa KKM yang ditempatkan di desa tersebut mengatakan sosialisasi kesehatan gigi merupakan langkah penting dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki kebiasaan hidup sehat dan sekolah menjadi platform ideal untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Sikat gigi sebagai salah satu praktik kebersihan harian, memainkan peran krusial dalam mencegah penyakit gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Sekolah memiliki peran kunci dalam membentuk kebiasaan sehat anak-anak. Sosialisasi sikat gigi di sekolah dapat diimplementasikan melalui berbagai cara, mulai dari penyuluhan, demonstrasi cara menyikat gigi yang benar, hingga kegiatan kreatif seperti lomba poster atau cerita mengenai pentingnya kebersihan gigi.

Melalui sosialisasi di sekolah, anak-anak dapat diberikan pemahaman tentang bahaya plak dan karang gigi, serta konsekuensi buruk yang dapat timbul jika kebersihan mulut diabaikan. Dengan kesadaran awal, diharapkan mereka akan membentuk kebiasaan menyikat gigi secara teratur sejak usia dini.




Selain itu, Guru di sekolah dapat memberikan contoh dan memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang betapa pentingnya merawat gigi. Kolaborasi antara guru dan orang tua sangat diperlukan untuk memastikan anak-anak terbiasa menyikat gigi di rumah dan melanjutkannya di sekolah.

Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler terkait kesehatan gigi dapat menjadi sarana yang menarik bagi anak-anak untuk memahami konsep tersebut secara lebih menyenangkan. Misalnya, klub kesehatan gigi atau kunjungan dokter gigi ke sekolah dapat menjadi pengalaman yang edukatif.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi di kalangan anak-anak, sosialisasi sikat gigi di sekolah menjadi investasi jangka panjang untuk menciptakan generasi yang memiliki gigi dan mulut yang sehat. Melalui pendekatan holistik melibatkan guru, orang tua, dan sekolah, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan. pendidikan yang mendukung pembentukan kebiasaan hidup sehat bagi anak-anak.

Adapun Suryadi, sebagai ketua kelompok mahasiswa KKM Kampung Simpang Uning Niken dan didampingi oleh anggota lainnya mereka turut dilibatkan dalam sosialisasi tersebut. Mahasiswa KKM Almuslim Angkatan XXIV yang berjumlah 6 orang (Suryadi, Fakhrurrazi, Alvina Khaira, Musfiana, Khairatil Hisan, Syarifah Nasywa Syalaisya) dengan antusias ikut berpartisipasi membantu anak anak dalam kegiatan menggosok gigi yang benar.