Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKM Umuslim Adakan Pelatihan Batik Ecoprint untuk Warga Kebet Aceh Tengah

Kamis, 29 Februari 2024 | 23:30 WIB Last Updated 2024-02-29T17:12:10Z

Mahasiswa KKM Umuslim Adakan Pelatihan Batik Ecoprint untuk Warga Kebet Aceh Tengah
Foto Mahasiswa KKM Universitas Almuslim usai menggelar Pelatihan Batik Ecoprint di Kampung Kebet



Detikacehnews.id | Aceh Tengah- Mahasiswa KKM Universitas Almuslim Angkatan XXIV mengadakan kegiatan Pelatihan Batik Ecoprint untuk warga Kampung Kebet, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah pada 18 Febuari 2024.

Hal itu dikatakan oleh salah satu mahasiswa KKM Universitas Almuslim yang ditempatkan di desa tersebut saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Kamis, (29/2/2024).

"Benar, kami sudah menggelar kegiatan Pelatihan Batik Ecoprint untuk warga Kampung Kebet," ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa setempat berjalan sukses dan lancar.

Ia menerangkan bahwa kegiatan tersebut digelar dengan tujuan memberikan wawasan tentang pemanfaatan potensi lingkungan Kampung Kebet dan pengembangan skill bidang karya seni Ecoprint bagi ibu-ibu disana.

Batik Ecoprint ini merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain, kemudian kain tersebut diketuk.




Teknik Ecoprint merupakan teknik yang sederhana, praktis, dan cepat dibandingkan teknik batik, serta bahan dan alat yang digunakan sederhana. Ecoprint ini mampu mewujudkan berbagai jenis produk, di antaranya, masker, jilbab, scarf, kain panjang, dan baju. Ecoprint memiliki beberapa manfaat untuk masyarakat, diantaranya:

Dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Teknik ecoprint dapat dimanfaatkan sebagai pengolahan hasil karya ekonomi kreatif dengan menghasilkan pewarna alam yang berbasis tumbuhan, dedaunan, dan bunga-bunga.

Memperkenalkan teknik pemakaian bahan alam secara efisien. Ecoprint memperlihatkan proses pembuatan dengan memanfaatkan tumbuhan, dedaunan, dan bunga-bunga yang merupakan bahan alam dalam pembuatan batik sehingga mengurangi ketergantungan pada bahan kimia sintetis.

Menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Ecoprint dapat dijadikan alternatif dalam industri tekstil karena tidak menggunakan bahan kimia yang dapat mencemari lingkungan.

Sebagai terapi seni. Ecoprint dapat dijadikan sebagai terapi seni bagi masyarakat, terutama bagi lansia untuk melatih kreativitas dan meningkatkan kesejahteraan.

Kontribusi Program Kemitraan Masyarakat adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan ecoprint memanfaatkan bahan alami yang ada di lingkungan desa, sehingga memberikan manfaat langsung terhadap kehidupan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi serta meningkatkan kualitas sumberdaya

"Kami yakin bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada kami sebagai pelajar untuk meluangkan ide kepada masyarakat tentang sebuah produk usaha yang bisa dikembangkan. Semoga kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin dan menjadi inspirasi bagi program-program pengabdian berikutnya," tutur salah satu mahasiswa KKM Universitas Almuslim yang ditempatkan di desa tersebut.