Notification

×

Iklan

Iklan



Tag Terpopuler

Dosen PG-PAUD Umuslim Sukses Gelar External Benchmarking Penjaminan Mutu di Dua Kampus Terbesar Aceh

Rabu, 09 November 2022 | 13:35 WIB Last Updated 2022-11-09T14:28:14Z

Dosen PG-PAUD Umuslim Sukses Gelar External Benchmarking Penjaminan Mutu di Dua Kampus Terbesar Aceh

 
Detikacehnews.id | Bireuen - Dua dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) FKIP Universitas Almuslim sukses menggelar External Benchmarking Penjaminan Mutu di dua kampus terbesar Aceh, yaitu Universitas Syiah Kuala (USK) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Almuslim, Dr. Sari Rizki, M.Psi saat ditanyai awak media detikacehnews.id di ruang kerjanya, Rabu, (9/11/2022).

"Benar, dua orang dosen kami dari PG-PAUD FKIP Umuslim sudah menggelar External Benchmarking Penjaminan Mutu di dua kampus terbesar Aceh," ujarnya.

Dr. Sari menerangkan dua dosen PG-PAUD FKIP Umuslim yang menggelar kegiatan tersebut diantaranya Ibu Rahma, M.Pd dan Ibu Dr. Herayanti, M.Psi., keduanya merupakan dosen terbaik dari Universitas Almuslim.

Kegiatan External Benchmarking Penjaminan Mutu digelar pada tanggal 14 September 2022 di dua kampus berbeda namun dalam waktu bersamaan yaitu pertama, di Prodi Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang disambut langsung oleh Ketua Prodinya Ibu Muslima, S.Ag., M.Ed., kedua, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Ar-Raniry yang disambut langsung oleh Dr. Heliati Fajriah, M.Ed., dan ketiga, PG-PAUD Universitas Syiah Kuala yang disambut langsung oleh Dra. Yuhasriati, M.Pd.

"Alhamdulillah pelaksanaan External Benchmarking Penjaminan Mutu di dua kampus berbeda di Aceh berjalan sukses dan banyak ilmu yang di dapatkan oleh kedua dosen PG-PAUD FKIP Umuslim sehingga ini dapat membantu kami untuk terus meningkatkan mutu dan pelayanan terbaik di Universitas Almuslim khususnya Prodi PG-PAUD," ungkapnya.





Sementara itu, Rahma, M.Pd selaku dosen PG-PAUD FKIP Umuslim yang menjadi pelaksana kegiatan tersebut mengatakan External Benchmarking merupakan standar patokan yang digunakan untuk melihat perbandingan penjaminan mutu antara ketiga prodi di dua kampus tersebut dengan Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim. Dengan kata lain, kegiatan itu dilakukan sebagai studi banding Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) antara PG-PAUD FKIP Umuslim dengan kampus tersebut. Dalam hal ini, fokus utama pelaksanaan External Benchmarking Penjaminan Mutu yang digelar dosen PG-PAUD FKIP Umuslim diantaranya terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjutnya.

Selain itu, dalam kegiatan external benchmarking ini terdapat empat aspek yang didiskusikan yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal, Sistem Evaluasi, Akreditasi, dan Implementasi Standar Outcame Based Education (OBE) berorientasi MBKM.

"Tentu saja hal ini penting untuk dilaksanakan sebab melalui external benchmarking penjaminan mutu ini, pengelola pendidikan, baik tingkat fakultas, maupun program studi dapat mempelajari, mengamati dan mengadaptasi praktek-praktek baik perguruan tinggi lain untuk dapat diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan secara berencana dan berkelanjutan," ujar Rahma.

Rahma juga menjelaskan bahwa sebelumnya Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim sudah menggelar Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Prodi PG-PAUD USK, Prodi PIAUD UIN Ar-Raniry, dan Prodi Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry pada 22 Mei 2022 di Banda Aceh. Kegiatan External Benchmarking Penjaminan Mutu merupakan salah satu bentuk implementasi kerjasama antara kampus tersebut yang tertuang dalam Implementation Agreement (IA).

Ia menambahkan bentuk SPK antara Prodi PG-PAUD FKIP Umuslim dengan dua kampus terbesar di Aceh tersebut diantaranya kolaborasi penelitian dan editor reviewer jurnal serta bidang lainnya yang dianggap perlu sebagai pembenahan dalam rangka meningkat mutu di setiap prodi.

"Insyaallah SPK ini akan terus berlanjut melalui program-program yang dituangkan dalam IA, sehingga diharapkan dapat terwujud penjaminan mutu yang lebih baik lagi di setiap prodi," ucap Rahma.