Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Dua Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Umuslim Lolos PMM 3, Muhammad Darwis : Alhamdulillah

Jumat, 09 Juni 2023 | 09:09 WIB Last Updated 2023-06-09T02:09:53Z

Dua Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Umuslim Lolos PMM 3, Muhammad Darwis : Alhamdulillah
Foto : Muhammad Darwis, M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Almuslim

Detikacehnews.id | Bireuen - Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Almuslim lolos Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Tahun 2023.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Almuslim, Muhammad Darwis, M.Pd saat dikonfirmasi awak media detikacehnews.id via WhatsApp, Jumat, (9/6/2023).

"Alhamdulillah benar, dua mahasiswa kami lolos PMM 3 Tahun 2023 dan mereka ditempatkan di Universitas di Jakarta Selatan dan Purwokerto," ujarnya.

Lulusan Pascasarjana USK ini menjelaskan bahwa sebelumnya Kemendikbudristek membuka pendaftaran PMM 3 yang merupakan program Kampus Merdeka dalam rangka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar selama satu semester di Perguruan Tinggi lain di Indonesia.




Lanjutnya, peserta program ini berhak mendapat pengakuan kredit mata kuliah hingga 20 SKS dan berkesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial di luar kampusnya. PMM 3 membuka dua jalur program bagi mahasiswa, yaitu Akademik dan Vokasi. Jalur Akademik ditujukan untuk mahasiswa semester 3, 5, dan 7 dari jenjang sarjana. Sementara Vokasi berlaku untuk jenjang D3 dan D4.

"Mekanisme program PMM 3 adalah akademik ke akademik dan vokasi ke vokasi yang berarti mahasiswa jalur akademik akan belajar di kampus lain sesuai jenjang studinya," terang Darwis yang merupakan Ketua Prodi muda di Universitas Almuslim.

Adapun dua mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Almuslim yang lolos PMM 3, yaitu Meli Safitri yang ditempatkan di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta Selatan dan Mira Ulia Tari yang ditempatkan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Darwis menerangkan bahwa kedua mahasiswa tersebut sedang menjalani studi semester IV dan keduanya merupakan mahasiswa aktif serta berprestasi di kampus.

"Ini kesempatan yang baik untuk mereka agar dapat terus mengembangkan kemampuanya dan mengeksplorasi hal baru disana," tutur Darwis.

Ia menambahkan PMM 3 ini memberikan semangat tinggi bagi mahasiswa yang mengikutinya sehingga mahasiswa tidak hanya belajar di kampus mereka sendiri tapi juga bisa belajar satu semester di kampus lain bahkan dari program ini banyak yang dapat diambil nilainya.

"Tentunya, saya selaku Ketua Prodi beserta dosen lainnya di Pendidikan Bahasa Indonesia akan terus berusaha dan mendukung kegiatan yang memberikan manfaat positif bagi mahasiswa. Kita harapkan kedepan semakin banyak lagi mahasiswa kami yang lolos PMM 3 ini," tutup Darwis.